Rabu, 21 Juli 2010

Biaya umroh dari Jubail KSA…


 Assalamu'alaykum
MASJIDIL HARAM TAMPAK DEPAN
KA'BAH
Bagi masyarakat jubail dan sekitarnya pasti tidak asing lagi judul diatas, tapi ini sekedar sharing aja buat temen-temen yang ingin kerja di KSA mungkin ini bisa dijadikan satu alasan mengapa kita memilih KSA menjadi tempat kita mengais sedikit rezeki.
Ada dua alternative cara untuk dapat menuju Tanah suci mekah dari jubail KSA. Yang pertama lewat darat dan yang kedua lewat udara… untuk sesi ini saya akan memaparkan lebih dalam cara yang pertama karena hal itu lebih banyak dipilih oleh masyarakat jubail karena harganya yang relative lebih murah ketimbang cara yang kedua.
Melalui jalan darat, mayoritas masyarakat jubail menggunakan jasa agent perjalanan umroh yang banyak bertebaran di jubail city. Saking banyaknya maka harganya pun bersaing tergantung pelayanan yang mereka tawarkan..
Harga kisaran awal untuk satu kali perjalanan umroh (Pulang-Pergi alias PP) sekitar SR.55 sampai dengan SR.80.- . Dengan harga segini akomodasi apa aja yang kita dapatkan. Yang jelas seperti kata pepatah…”murah koq mau enak”. Yang jelas dengan harga segitu kita bisa berangkat ke tanah suci dengan kendaraan full AC walau terkadang dengan kondisi mobil yang agak sedikit tua. Berangkat dari jubail hari Rabu petang sekitar pukul 15:30 ~ 16:30 paling lambat. Dan insya Allah tiba di mekkah pukul 10:00 pagi. Setibanya di mekkah kita di drop di shelter terdekat dari Masjid il Haram dan biasanya didekat pintu safa-marwah atau yang biasa di sebut kawasan Saudi post. Dari sini kita mencari hotel untuk menyimpan barang dan menginap karena kita baru akan kembali ke jubail selepas sholat jum’at.
 BUS TRANS JUBAIL ~ MEKKAH
Harga hotel tergantung bulan atau fasilitas yang kita dapatkan. Untuk hari biasa kita bisa mendapatkan hotel dengan biaya SR.30.- s/d  SR.50.- dengan fasilitas  2atau 3  tempat tidur dan satu kamar mandi dan AC. Tapi bila Ramadhan harganya bisa naik 2x lipat dan sulit mendaatkan hotel yang dekat dengan Masjidil Haram.
Dan untuk makanan..jangan kawatir karena ada banyak masakan arab, india atau turki di sekitar masjidil haram. Bahkan makanan cepat saji dari negeri paman sam pun ada. Kalaupun anda kepingin makanan dengan rasa melayu anda bisa datang ke warung Indonesia atau earung Malaysia yang terletak tepat di lokasi atas hotel safa yang ada di depan mesjidil haram. Dan kalaupun malas untuk keluar hotel untuk mencari makanan, anda bisa memesan kepada orang Indonesia yang sudah lama bermukim di Mekkah. Anda bisa menghubungi pak Syafei (pemilik warung si Doel) atau pak Fachrie..mereka menyiapkan paket delivery order untuk pemesanan di atas sepuluh box dan harganya sekitar SR.10.- . menunya pun bervariasi mulai dari bakso hingga nasi uduk untuk sarapan pagi.
 TAHALUL
Tuk masyarakat Indonesia yang ada di jubail kita punya program ruting Umroh yang biasanya di bimbing langsung sama ustadz asli Indonesia. Dan satu hari sebelum keberangkatan biasanya kita diberi petunjuk manasik umroh agar kita mendapatkan ilmu yangbenar tentang tata cara manasik umroh yang sesuai dengan apa yang di ajarkan Rasulullah  SAW dan di ikuti oleh para sahabat dan Salafusolih. Umroh regular yang dilaksanakan oleh komunitas masyakat Indonesia adalah tiap 2 bulan sekali. Bila dating ramadhan frekwensinya di tingkatkan menjadi 2 x dalam sebulan. Biayanya sekitar SR.200.- dengan fasilitas mobil Bus keluaran tahun terbaru. Jatah makan malam dengan menu Indonesia untuk berangkat dan pulang. Dan hotel dengan kualitas bintang 4 atau bintang 5.
 KONDISI DI DALAM BUS (diperagakan oleh model)
Tapi satu hal yang harus di ingat, sopir bus di Saudi tidak seperti sopir bis di Indonesia. Kalo di Indonesia sopir mengikuti keinginan penumpang tapi di sini kita harus patuh dengan peraturan si sopir.. Anyway yang penting kita bisa beribadah dengan tenang dan berharap mendapatkan pahala umroh dari Allah SWT.. amin
Do’a kami semoga Allah memberikan kemudahan kita semua untuk dapat mengunjungi Baitullah… Labbaik Alllahuma Labbaik..

KOTA THOIF (BATAS DI HARAMKANNYA SEGALA LARANGAN HAJI)
 
 FAMILY SECTION
 HOTEL DI MAKKAH
 
REST AREA
YANG INI YANG PALING PENTING...SEKSI KONSUMSI UMROH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini