Rabu, 04 Agustus 2010

9 serba-serbi arab saudi


Satu setengah tahun sudah saya tinggal di Saudi Arabia atau kalo minjem istilahnya "Bang Toyib" sudah hampir dua kali puasa dan dua kali lebaran. di negeri yang belum pernah ada dalam mimpi saya, namun sejalan dengan waktu saya pun berbaur bersama Pasir dan teriknya sinar mentari di musim panas serta dinginya angin malam di musim dingin. Di kota Jubail banyak ditemukan para pendatang dari IPB (India Philipina Bangladesh) hehhehehee mereka itulah komunitas terbesar di Al Jubail KSA selain masyarakat pribumi dan melayu tentunya. tapi kalo keliling di hari jum'at di sekitar Jubail Center maka anda akan merasa seperti di Bombay ketimbang berada di Saudi karena ramainya komunitas india di sini.

Bukan secara tiba tiba kesini namun begitu banyak proses yang sudah saya lalui baik suka maupun duka, pahit manis masih terasa, kadang kebosanan menyerang kuabaikan saja namun satu tekad untuk terus bertahan, disudut apatement yang berukuran 8x7 ini saya menunggu pesan darinya, dengan jaringan yang aduhai saya mencoba mengigat ingat sesuatu untuk ditulis,belakangan ini saya sudah beberapa kali mencoba menulis namun sepi komentar,paling cuma 1 sampai 3 orang yang komentar , he he.dan dalam beberapa jam tulisan pun tengelam didepan laptopku ini. Semalam saya coba untuk meminta saran dari para "Orang Pinter" agar tulisan ini bisa mendongkrak rating saya dan menghasilan banyak pundi-pundi dolars (matre.com), dengan singkat dia sarankan agar memberi judul yang menarik dulu,dan terus aktif agar mengenal penulisnya..

Baiklah untuk malam ini saya coba menulis tentang kebiasaan umum orang Arab terutama Saudi Arabia,semoga tulisan ini banyak yang beri komentar(kasihan )he he

9 Serba-serbi arab saudi :

1. Taukah anda bahwa saudi arabia paling banyak mengkonsumsi ayam/daging dan paling males makan sayur.

2. Taukah anda bahwa harga 1 mangkok bakso di saudi arabia = 32 liter solar???

3. Tahukah anda bahwa malam jumat di saudi arabia = malam minggu di indonesia (week end)

4. Tahukah anda bahwa mayoritas masyakat indonesia yang kerja di Saudi berprofesi sebagai pembantu atau sopir pribadi.

5. Tahukah anda bahwa di saudi kalo kepada temen akrab.. "toyor menoyor" adalah lumrah tapi akan sangat marah bila memukul "pantat".


6. Tahukah anda arti kata 1 minute in saudi = kira-kira setengah jam anda harus sabar nunggunya :)

7. Tahukan anda bila dua orang lelaki arab bertemu selain bersalaman dan mengucapkan salam serta saling berbalas menanyakan kabar yang panjang percakapannya bisa sampe 5 menit hanya untuk menanyakan kabar masing-masing. 



8. Tahukah anda bahwa "cipika-cipiki" bagi sesama lelaki arab bila saling bertemu adalah hal yang lumrah dan dari sini bisa terlihat seberapa dekat hubungan kekerabatan mereka dari cara "cipika-cipikinya".. ntar ane bahas lebih dalem di episode berikutnya.


9. Tahukah anda kalo sebaik-baiknya orang adalah orang arab dan seburuk-buruknya orang adalah orang. puyengkan apa maksudnya? ane juga puyeng..

Tampang-tampang melayu yang mukim di jubail, ada yang anda kenal?
 
selesai sudah tulisan saya tentang 9 serba-serbi Arab Saudi tempat saya bekerja, sengaja tidak mencukupi sampai kesepuluh,karena sembilan adalah angka ganjil yang sesuai mengambarkan keganjilan ataupun keanehan yang saya temui disini,yang kesepuluh saya persilahkan untuk blogger tuk menambahkanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini