Selasa, 17 Agustus 2010

arti kemerdekaan versi gue

17 Agustus tahun 45..

itulah hari kemerdekaan kita...

hari merdeka, nusa dan bangsa...

hari lahirnya bangasa indonesia...



itu adalah sepenggal syair dari lagu perjuangan yang biasa terkumandang di layar televisi, di lapangan upacara atau di tengah hiruk pikuk aneka lomba 17an yang biasa dilakukan setiap tanggal 17 Agustus. And mohon maap nyang sebesar-besarnya karena jujur sejujurnya,,penulis tidak tau judul sebenarnya dari lagu ini. suer heheheheee.

Kalo dipahami lebih dalam atau kalo pinjem bahasa politisi "bila ditinjau lebih jauh"..ternyata bangsa ini umurnya sudah 65 tahun. lumayan tua untuk ukuran manusia tapi belum seberapa bila di bandingkan umur kota jakarta nyang udah nyampe 350 taon lebih (lagi-lagi ga hapal pastinya berapa taon usia jakarta saat  ini..hehehehe maklum sering bolos setiap pelajaran sejarah). Banyak sudah pertanyaan yang muncul berkaitan dengan syair lagu tersebut... bagi sebagian orang mungkin ini merupakan pernyataan konyol atau mungkin pertanyaan tolol yang keluar dari pikiran gue hari ini. tapi apapun pendapat orang gue teteb akan melanjutkan tulisan ini karena hari ini hari kemerdekaan kita..jadi gue merdeka nulis apa aja sepanjang ga melabrak koridor hukum tata negara kita..(nah lho ngerti ga loe ama apa yang gue tulis..gue sendiri aja ga dableg. gue denger kata-kata ini dari pada penasihat hukum artis yang terkena kasus..heheheee)
 
1. Pertanyaan or pernyataan gue pertama yang muncul seketika adalah: ternyata jakarta dah duluan merdeka ketimbang indonesia kenapa? pan umur jakarta dah lebih kolot ketimbang indonesia heheheeee

2. Apa arti kemerdekaan bagi gue pribadi? Jawaban yang pasti yang gue dapetin cuma satu. kita telah merdeka dari para penjajah Belanda, Jepang, Portugal,Spanyol... BTW gue ngomongin penjajah atau nyebutin satu persatu kontestan piala dunia 2010 hehehee. kembali ke benang merah. Terus gue tanya lagi sama diri gue...masa cuma itu arti kemerdekaan? terus gue baca arti kemerdekaan bangsa ini dari para temen dan temenya temen yang punya temen dari jaring sosial yang saya ikuti.. ini arti kemerdekaan dari pada mereka:

a.Sudahkah bangsa ini merasakan arti kemerdekaan...Kesejahteraan tuk seluruh rakyat...?Keadilan tuk seluruh rakyat...?Kemudahan tuk seluruh rakyat...?Dan segalanya tuk seluruh rakyat...?
b.Kesejhteraan, keadilan, kemudhan, kmkmurn, dan sgalanya tdk akan prnh terwjud jika di dlm tbuh indonesia msih trplihra dn terlindungi permpok2 yg menyitakesejhtraan rkytat.................
c.Para Kesuma Bangsa Mengorbangkan Nyawa & Harta, Tidak Utk Mengharap Kibar Bendera, Hening Cipta, Hormat Senjata, Tabur Bunga Atau Nyanyian Lagu Kebangsaan. Yg Mereka Harap Hanyalah Warisan Kemerdekaan Yg Mewujud Dlm Kesejahteraan, Keadilan, Kemakmuran & Ketentraman Kepada Kita Pewaris Bangsa, Meski Saat Ini Sebagian Masih Dlm Angan Yg Justru Terkadang Menghambat Kita Terlelap Tidur.
d.DIRGAHAYU RI KE 65..........Merdekaaaaaaaaaaaa
e.DIRGAHAYU NEGERIKU.....NEGERI INI DI PENUHI ORG2 YG PINTAR G TAU MALU....
f.mlm ini ga bisa begadang. besok ada tugas penting jadi PASKIBRAKA.
g.Habis shalat subuh,,,,,tidur lagi,,,,siap2 upacara dirgahayu negeriku,,,,,,
h.Smoga mataharix mau mengerti n pidatox tdk panjang... coz org lg puasa...MERDEKA
i.Banguuun...Sauuuur...Sauuur..Sauuur...Merdeka !!!
j.indonesia,kami mencintaimu...
k.katanya sudah "MERDEKA"....

pokoke buaaanyak aja expresi kemerdekaan itu. Tapi pernahkah kita tanyakan pada mereka arti kemerdekaan:
a.mereka yang ngantri minyak tanah karena tidak berani menggunakan tabung gas...
b.mereka yang rebutan setiap ada pembagian sembako atau zakat...
c.mereka yang miskin yang hidup di kolong jembatan yang kata undang-undang dipelihara oleh negara..
d.mereka pahlawan tanpa tanda jasa (guru) yang tidak sanggup menyekolahkan anaknya karena masalah ekonomi..
e.mereka janda pejuang yang masih terus berjuang mempertahankan haknya...
f.mereka paraa pahlawan devisa negara yaang masih diperas di negerinya sendiri..

Kesimpulannya :
MERDEKA....
Jangan tanyakan padaku apa artikata itu...
Jangan tanyakan padaku kapanterakhir kali merasakan kata itu...
Jangan pula Tanya padaku mengapakita harus tau arti kata itu...
Yang ku tau... Aku bahagia bilahal itu benar terwujud dalam hati ini..
Yang ku tau... Aku bangga bilabisa mengisi kata itu dengan hal yang berguna...
Yang ku tau... Aku masihmemperjuangkan kata itu..
Yang ku tau... Aku malu bila hanyabisa teriak dan tak bisa berbuat apa-apa...
Merenungkan hal itu lebihdewasa..
Ketimbang meneriakan tanpa bukti nyata..

Puisi gue


Raja negeri di atas awan...
Hatimu tak lagi "Perawan"...
Terkotori oleh ambisi tuk jadi jutawan...
Sebelum terpilih selalau tampil menawan...
Setelah terpilih tak kenal mana kawan atau lawan...
Rakyatmu menjerit dan mulai tertawan...
Dan kau bisu bak terkena penyakit sariawan...
sekian dulu yaa kawan...
karena perutku bergejolak melihat tumpukan Bakwan...
yang berasap disamping kopi hangat di atas sebuah cawan...


17 Agustus 2010
Atas nama warga indonesia
Fabian Kirdiat

4 komentar:

  1. Mereka bakar diri...
    Gantung Diri...
    Sayat Nadi sendiri..
    dan Minum racun untuk akhiri diri...
    bukan berarti mereka
    tdk mau melihat hari esok,
    ..............

    Melainkan karena
    tdak sanggup hadapi
    tekanan yang diciptakan sistem


    Ada juga di bawah jembatan...
    kelaparan.....
    dan pengangguran...,
    bukan berarti mreka
    malas tak mau bekerja
    .....................
    Melainkan karena sistem yang tdak berikan kesempatan..


    Diujung sana, mereka brontak..
    Lawan yang resmi..
    ingin tentukan nasib sendiri,
    tapi bukan berarti mreka khianat
    pada NKRI...
    ......................
    Melainkan karena sistem yang mengkebiri...

    Renungkan apa yang kita rayakan hari ini..??


    Salam KEnal...

    VISIT GORONTALO
    FORUM DULOHUPA
    LOWONGAN KERJA LOKAL GORONTALO
    DULO ITO MO HUYULA
    INFORMASI WILAYAH PROVINSI GORONTALO
    GALERI LO HULONDHALO
    HUMOR GORONTALO
    DIREKTORI KOMUNIKASI BISNIS GORONTALO

    BalasHapus
  2. Perjuangan tidak akan berhenti...
    LANJUTKAN :)

    BalasHapus
  3. artikel yang menarik,, trims,, ya,, pak

    BalasHapus
  4. Terima kasih kembali and terima kasih juga dah mampir

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini