Minggu, 05 September 2010

Renungan buat Bangsa yang besar ????

-->


Membaca posting temen tentang cerita sebuah negeri yang besar yang bernama Indonesia. Mulanya saya mengira ini hanya dongeng pengantar tidur seorang bapak kepada anaknya. Karena cerita ini begitu enak di dengar tapi selalu sulit untuk di jalankan. Ada beberapa statement yang mengorek tidur saya tentang gambaran indah negeri yang bernama Indonesia. Kayaknya enak kalo kita ngebahasnya satu perasatu :

1. Perkataan beliau adalah "Ur country is so rich!"… "Indonesia doesn't need the world, but the world needs Indonesia,"… "Everything can be found here in Indonesia, U don't need the world." Gue nganggap ini perkataan turis kebanyakan yang mengatakan demikian agar dapat membuka sebuah percakapan dengan penduduk local agar bisa terjaga keharmonisan antara turis dan masyarakat local. Tapi begitu saya membaca pandangan orang tua itu betapa besar ketergantungan Negara beliau (Singapura) terhadap Indonesia.

· Dari segi pariwisata 500.000 orang berlibur ke singapura tiap bualannya. Kalo ga percaya bisa liat buktinya hamper semua photo profile orang Indonesia di count facebook atau twitter memeiliki latar belakang gambar patung singa ikon dari kota singapura. (yang punya gambar ini jangan tersinggung ya…please!!!!!!!!!) Dan bisa di bayangkan berapa banyak rupiah yang ngalir ke Negara tetangga.

· Dari sector property, Apartement baru yang dibangun di singapura kebanyakan pemiliknya adalah Warga Negara Indonesia. Padahal harganya selangit tapi herannya koq bisa laku keras bak Es cendol di musim panas.

· Belum lagi dari sector kesehatan… begitu banyak orang Indonesia yang berobat kesana? Emangnya ada apa dengan kualitas pengobatan di Indonesia?

2. Hal kedua yang harus di cermati dari pola pikir si bapak tersebut adalah, orang luar begitu concern dengan Indonesia, mereka begitu kagum dengan Indonesia mereka merasa dan beranggapan bahwa Indonesia adalah Negara besar yang harus di waspadai, kenapa saya katakan harus di waspadai karena :

· Karena Indonesia memiliki wilayah hutan yang merupakan “paru-paru” dunia, Seandainya saja hutan di Indonesia di pangkas habis, apa jadinya dunia ini? Pengalaman yang kita miliki adalah ketika sebagian hutan kita habis dilalap si jago merah, berapa Negara “ikut-ikutan “kebakaran jenggot”.

· Yang kedua adalah, coba kita bayangkan kekayaan alam apa yang tidak dimiliki Negara ini? Mulai dari Emas, Timah, Nikel, minyak bumi, permata, pertanian dan masih banyak lagi kekayaan alam yang ga mungkin saya sebutin satu persatu. Karena Masya Allah sangat banyak kekayaan di bumi ini. Buktinya kalo kita mau kita bisa swasembada di segala hal di negeri ini. Kenapa saya optimis seperti ini? Karena kita punya air bersih, kita punya tanah yang subur dan tambah lagi kita punya sumber daya manusia yang banyak…

3. Kalo kita memiliki segalanya,banyak pertanyaan yang muncul dari benak ini:

· kenapa sampai sekarang Negara ini masih menjadi Negara miskin yang hidup dari hutang luar negeri?

· Terus kalo Negara ini Negara besar kenapa Negara ini sangat takut dengan kekuatan Negara-negara “ADIDAYA” bahkan sekarang kita merasa Negara yang besar ini seolah tidak terlihat lagi kebesarannya. Yang ada hanya cerita patriotisme jaman perjuangan dulu yang begitu agung tertulis di catatan sejarah bangsa ini.

Coba simak Firman Allah SWT dalam AL-Quran :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ الاعراف96)

Artinya: "Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri itu beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya"(S.7 Al-A'raf 96).

Dan coba di lihat negeri ini apa kita yang dilakukan penduduk negeri ini:

· KORUPSI di negeri ini seperti sebuah tradisi yang sulit dikikis oleh waktu.

· Perzinahan seperti menjadi konsumsi harian di negeri ini.Manusia sudah tidak malu lagi untuk mempertontonkan auratnya.

· Ghibah dan namimah..juga bisa di temukan di kotak ajaib yang bernama TV dan sudah menjadi sarapan pagi di negeri ini.

· Pembunuhan…sepertinya mudah sekali darah saudara kita sesame muslim tumpah di negeri ini. Bahkan hanyan karena persoalan Rp. 2000 nyawa di negeri ini bisa melayang.

· Kesyirikan… sekarang sudah semakin terang-terang bermunculan di negeri ini. Buktinya para dukun sudah bisa membuat bulletin mingguan yang bisa cetak ribuan exampelar tiap minggunya. Belum lagi yang muncul di layar TV dengan bentuk layanan spiritual tentang jodoh, karir, dll.

Sadarkah kita semua bahwa apa yang kita lakukan akan dimintakan pertanggung jawabannya kelak. Rasulullah bersabda dalam hadis:

844 أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ الْإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا وَمَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا وَالْخَادِمُ رَاعٍ فِي مَالِ سَيِّدِهِ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ ِ (رواه البخاري 844و مسلم 3408

Artinya: "Kalian "Bahwa 'Abdullah bin 'Umar mendengar Rasulullah Saw. bersabda: itu penanggung-jawab dan akan dimintai pertanggung-jawabannya, semua pimpinan itu penanggung-jawab dan akan dimintai pertanggung-jawabannya, seorang ayah itu penanggung jawab soal keluarganya dan akan dimintai pertanggung-jawabannya seorang isteri itu penanggung- jawab dalam rumah tangga suaminya dan akan dimintai pertanggung-jawabannya, seorang pembantu itu penanggung-jawab soal harta tuannya dan akan dimintai pertanggung- jawabannya"(HR Bukhari no.844 dan Musllim 3408).


ini adalah kutipan dari teman saya….



FW: Sebuah Bangsa Yang Besar

Pagi ini saya mendapatkan email dari seorang sahabat. Isinya seperti dibawah ini. Saya forward kepada Anda atas seijin beliau - Salam dadang.

Suatu pagi, kami menjemput seseorg klien di bandara. Org itu sdh tua, kisaran 60 thn. Si Bpk adl pengusaha asal Singapura, dgn logat bicara gaya melayu & english, beliau menceritakan pengalaman2 hidupnya kpd kami yg msh muda.

Beliau berkata, "Ur country is so rich!" Ah biasa banget denger kata2 itu. Tapi tunggu dulu... "Indonesia doesn't need the world, but the world needs Indonesia," lanjutnya. "Everything can be found here in Indonesia, U don't need the world."

"Mudah saja, Indonesia paru2 dunia. Tebang saja hutan di kalimantan, dunia pasti kiamat. Dunia yg butuh Indonesia! Singapura is nothing, we can't be rich without Indonesia.. 500.000 org Indonesia berlibur ke Singapura tiap bulan.. Bisa terbayang uang yg masuk ke kami, apartemen2 terbaru kami yg beli org2 Indonesia, ga peduli harga selangit, laku keras. Lihatlah RS kami, org Indonesia semua yg berobat. Trus, kalian tau bgmna kalapnya pemerintah kami ketika asap hutan Indonesia masuk? Ya, bener2 panik. Sangat terasa, we are nothing. Kalian tau kan kalo Agustus kmrn dunia krisis beras. Termasuk di Singapura dan Malaysia? Kalian di Indonesia dgn mudah dpt beras.. Liatlah negara kalian, air bersih di mana2, liatlah negara kami, air bersih pun kami beli dari Malaysia. Saya ke Kalimantan pun dlm rangka bisnis, krn pasirnya mengandung permata. Terliat glitter kalo ada matahari bersinar.

Penambang jual cuma Rp 3.000/kg ke pabrik china, si pabrik jual kembali seharga Rp 30.000/kg. Saya liat ini sbg peluang.. Kalian sadar tidak kalo negara2 lain selalu takut meng-embargo Indonesia?! Ya, karena negara kalian memiliki segalanya. Mereka takut kalau kalian menjadi mandiri, makanya tidak di embargo. Harusnya KALIANLAH YG MENG-EMBARGO DIRI KALIAN SENDIRI.

Belilah pangan dr petani2 kita sendiri, belilah tekstil garmen dr pabrik2 sendiri. Tak perlu impor klo bs produk sendiri. Jika kalian bs mandiri, bisa MENG-EMBARGO DIRI SENDIRI, INDONESIA WILL RULE THE WORLD!!

Regard,
Umar Fatah
PT Exlog Sarana Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini