Senin, 11 Juli 2011

Hari ini 1 ½ tahun yang lalu….

Gak kerasa yaa…ternyata gue udah ninggalin negeri ini nyaris 2 tahun yang lalu. Secara fisik hampir tak ada yang berubah. Masih sering gue temuin jalan tol yang berlubang dan ternyata sekarang semakin bertambah parah karena tariff semakin mahal tapi kualitasnya semakin ancur. (Jalan tol koq macet) tapi dalam hati gue cuma bisa berucap kalo ini semua sebagai sebuah proses perbaikan yang berkesinambungan alias “never ending project”. Kenapa gue bilang begitu karena sejak saat pertama kali dibangun kondisi jalan selalu tambal sulam…
Itu baru satu dari sekian banyak keterkejutanku pada negeri ini…. Dan yang membuat saya terkaget-kaget adalah harga-harga yang semakin melambung tinggi jauh dari saat aku meninggalkan negeri ini 1 ½ tahun yang lalu. Tiba-tiba di dalam pikiran gue kayak ada dua sosok diri gue yang berdebat, kalo dalam film kartun kayak ada sisi baek gue yang di plesetin saya mahluk bersayap dan berwarna putih berdiri disebelah kanan. Dan satunya lagi, mahluk berwarna merah dengan tanduk dan tongkat besinya berdiri disebelah kiri. Dan berikut petikan cerita keduanya :
Si Putih : Masya Allah…nih harga cepat amat naeknya. Perasaan kemaren nih minuman masih 1000 perak sebotol. Koq sekarang jadi 3500 sebotol ????
Si Merah : yaah si Boss… katanya juragan minyak, masak ngeliat harga segitu aja ngegerutu. Malu donk boss ama status social.
Si Putih : jangan dengerin dia boss…mending bayangin. Rupiah kan semakin menguat terhadap dollar mestinya berdampak langsung dengan penurunan harga-harga kebutuhan pokok.
Si Merah : Ngaco dia tuh boss… Kalo mau belanja jangan ngebawa-bawa kurs rupiah, ntar malah ga belanja-belanja lho boss, terus gimana mau nikmatin liburannya kalo semua serba dipikirin. Nikamtin aja liburannya boss. Lupain tuh komentnya si Putih.
Si Putih : Saya Cuma ngingetin koq boss… indikasi perekonomian indonesiakan semakin membaik. Coba aja lihat datanya di nilai inflasi kita tahun ini. Fantastic boss.
Si Merah : huehehheeeee..belanja ga usah bawa-bawa nilai inflasi boss. Emangnya mau rapat penentuan nilai kenaikan gaji. Itumah kerjaannya orang susah yang demen ngurusin orang susah. Beli boss mending masih di Indonesia.
Si Putih : Boss dengerin dulu… dulu harga makanan ini Cuma 4000 perak sebungkus sekarang dah 7000 rupiah. 75% kenaikannya boss. Bandingkan dengan di tempat ente kerja boss. Ayam Broated dalam setaon Cuma naek 1 riyal dari harga 10 riyal jadi 11 riyal. Cuma naek 10%.
Si Merah : UUuuuuuuuuggghhh… ngitungnya jangan gitu dong ga fair kaleeeee. Ngitung yang bener… kalo sekali makan di restoran tempat ente kerja kalo sama keluarga bisa abis sampe lebih dari 150 riyals. Alias Rp. 337.500. Nah disini dengan porsi yang sama Cuma abiss 155.000 perak aja. Loe pake ribut… malu boss ama jabatan
Di tengah-tengah perdebatan muncullah suara asing dari dunia antah berntah yang menampar lamunanku. “Mas semuanya abisnya jadi 155.000 rupiah” and tanpa pikir panjang langsung kubayar semua pesananku.  Dan beranjak pergi meninggalkan tempat ini diiringi semyum dan sapaan pemilik tempat ini. Senang anda sudah mau mampir ke tempat kami. Lain kali kunjungi kami lagi yaa di lain waktu… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini