Sabtu, 24 Desember 2011

Resep membuat siomay al-Jubail ala chef byan


BAHAN
6 buah tahu putih potong diagonal
Minyak untuk menggoreng

Adonan isi
100 gr daging ikan tenggiri, haluskan
100 gr udang kupas, cincang halus
2 butir telur, kocok
5 sdm tepung kanji
2 batang daun bawang, iris tipis
2 batang seledri, cincang
4 siung bawang putih, cincang
4 siung bawang merah
¼ sdt merica
¼ sdt garam


Pelengkap:
100 gr Kacang tanah
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 biji cabe merah
gula merah, kecap dan garam secukupnya

CARA MEMBUAT SIOMAY

1. Adonan isi : Campur ikan, udang, telur dan tepung kanji. Aduk-aduk sampai adonan rata. Tambahkan daung bawang, seledri, bawang putih, garam dan merica, aduk rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Satu bagian untuk isi tahu dan satu bagian untuk bakso

2. Lubangi potongan tahu putih, sisihkan remahannya. Campur ½ bagian adonan isi dengan remahan tahu, lalu isikan kembali ke dalam tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan, goreng tahu isi hingga kuning kecoklatan, angkat, sisihkan

3. Ambil ½ bagian adonan isi sisanya, bentuk dengan 2 sendok menjadi bulatan-bulatan bakso. Langsung masukkan ke dalam minyak panas, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan, angkat, sisihkan

CARA MEMBUAT SAMBEL KACANG

Goreng 100 gr Kacang tanah,4 siung bawang merah,4 siung bawang putih,5 biji cabe merah dan angkat bila kacang sudah terlihat kecoklatan. kemudian dinginkan dan masukan gula merah, kecap dan garam secukupnya lalu haluskan dengan menggunakan blender tapi jangan lupa tambahkan sedikit air matang. kalo sudah halus bisa langsung di taburkan di atas potongan siomay dkk.

Jumat, 23 Desember 2011

Resep membuat martabak telur ala chef byan




 Bahan Kulit Martabak :
100 gram tepung terigu
air matang secukupnya
2 sdm telur kocok lepas
1 sdm minyak atau bias juga pake mentega cair
garam secukupnya
 Bahan Isi Martabak :
300 g daging giling
1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling
4 batang daun bawang iris
6 sdm bawang bombay iris
4 bawang putih, haluskan
6 butir telur
merica dan garam secukupnya.
 
 Saus Martabak :
2 sdm kecap asin
1 sdt air asam jawa
garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
1 sdm saus tomat
1 sdm sause sambel botol atau bisa diganti irisan cabai rawit hijau
irisan ketimun
2 sdm air matang 
 Cara membuat kulit martabak :
Kalo ngikutin cara para professional  kayaknya ribet banget. Karena harus melalui tahapan berikut ini :
1.       Campur terigu dengan minyak/mentega cair, telor & garam serta tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis.
2.       Bulatkan adonan dan rendam kedalam minyak goring dan diamkan selama 2 jam. 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goring. Dan satu jam kemudian angkat adonan yang berlumuran minyak dan diamkan di dalam baskom. Dan tutup pake serbet.
Cara buat isi martabak : 
1.     Tumis bawang Bombay,bawang putih, bawang merah hingga harum. Masukan daging giling, bubuk merica dan irisan daun bawang dan garam secukupnya.
2.     Aduk-aduk hingga daging mateng dan air yang keluar dari daging giling menyusut.
Cara membuat saus martabak:
Masukan 2 sdm kecap asin,1 sdt air asam jawa,garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera),1 sdm saus tomat,1 sdm sause sambel botol atau bisa diganti irisan cabai rawit hijau,irisan ketimun & 2 sdm air matang dan campur semuanya hingga rata.
 Final process :
1.     Ambil adonan kulit dan piphkan sehingga melebar. Kalo udah professional bias diputer-puter tapi kalo masih amatir bias di giling pake botol hueheheheee.
2.     Ambil mangkok dan kocok dua butir telor, daging giling, irisan daun bawang, merica bubuk dan penyedap rasa secukupnya sesuai selera.
3.     Panaskan minyak dengan api kecil dan masukan adonan yang sudah ditipiskan dan tentunya sudah diisi dengan  isian martabak. Goreng hingga martabak matang dan berwarna kecoklatan.
4.     Sajikan dengan saus yang sudah anda siapkan.
 
 Note : 

Kalo yang ga sabaran dan ga mau ribet seperti gue, bisa bikin kulit martabak ala chef Fabian:
1.       Kocok 2 butir telur campur dengan 200 gr tepung terigu dan 2 gelas air matang
2.       Panaskan penggorengan anti lengket ukuran lebar dan lumuri dengan mentega/minyak.
3.       Masukan adonan dan putar-putar penggorengan hingga adonan kering dan tipis. Ulangi satu persatu hingga adonan kulit habis. 





Kamis, 22 Desember 2011

Cara ngereset & reconfigure modem STC

Udah dua hari gue dibikin bingung kalang kabut. Hidup bagaikan kembali ke zaman batu. pasti pada nanya (ke-Ge er an sendiri...wong ga ada yang nanyain koq) kenapa dan ada apa dengan gue, koq tiba-tiba ngedumel sendiri. Coba bayangin....hidup dinegeri orang tanpa "sesuatu" yang namanya internet. arghhhhhh....bete-bete-bete. karena kayak kehilangan "koran" setumpuk, "surat" segepok dan hidup terkukung tanpa teman yang sering menyapa atau hanya sekedar mengacungkan jempolnya seraya mengucak "suka".... halahhhhh jadi ngawur, ga segitunya kaleeeeee.

Intinya sih...dah dua hari gue kehilangan "signal" internet....
Satu persatu cara mulai gue coba untuk membangunkan lagi internetku yang tertidur.... mulai dari "pesan" yang terpampang di screen laptop.... nyang kalo di terjemahin dalam bahasa indo...kurang lebih artinya "Jaringan internet anda mengalami gangguan, matikan sejenak internet anda..kira-kira sepuluh menit dan coba lagi, kalo ga berhasil, silahkan hubungi nomor dibawah ini"... udah di coba tapi hasilnya nihil.... sampai gue coba berkali-kali mematikan-menghidupkan internet, tapi ga hidup-hidup..akhirnya karena khawatir keterusan mati akibat dimatikan terus-terusan.

Gue udah mulai nyerah..akhirnya gue ikutin saran berikutnya. dan coba sharing sama semua pengguna STC Modem...semoga bermanfaat yaaa :

1. Call 906 melalui HP anda
2. ikuti pesan yg disebutin sama machine penjawab automatis. kalo ga ngerti berarti anda sama kayak saya. :)
3. tekan 2 untuk bahasa inggris. dan kalo ngerti bahasa arab silahkan tekan angka 1. dan maaf untuk bahasa indonesia belum tersedia.
4. tekan 4 untuk bicara dengan operator/teknisi STC. dari pengalaman yang gue alami, yang ngejawab anak-anak arab...so harab bersabar. dan sebaiknya minta dikirimin langkah-langkah reconfigurasi modem internetnya. jangan lupa minta sekalian paswword dan username yang akan di isi di form pengisian.
5. berikut langkah-langkahnya:
sebelum melakukan step di bawah ini anda harus sudah menekan tombol reset di bagian belakang modem anda.



a. kunjungi halaman web : 192.168.1.1
b. masukan username dan password untuk login.
c. tekan "BASIC" kemudian tekan "WAN"
d. isi from VPI/VCI : dengan nomor kode pemberian STC
e. isi Route di colom connection mode.
f. check service modenya terisi dengan "UBR" dan "LBC" untu kolomencapsulation mode.
g. Isi username da password pemberian dari STC dan bukan username dan password untuk login.
h. terus submit dan restart computer anda.

Rabu, 14 Desember 2011

Indonesia kuliner vs Saudi Kuliner

Assalamu'alaykum...


Setelah malang melintang di dunia persilatan (hueheheeee) maksudnya di arena kuliner yang membuat badan saya tambah six pack (bukan "six pack" yang gimana gitu, melaikan "six pack yang nempel 2 bagian di pinggang, dan 2 bagian hinggap di bagian depan/belakang perut dan 2 lagi nemplok di pipi) . akhirnya di temukan sedikit persamaan antara jajanan indonesia dan jajanan di saudi arabia. 


ini dia kemiripannya : 

Yang ini namanya kabab...bukan masakan asli saudi arabia tapi banyak di temui di jagat saudi. sekilas mirip sate di Indonesia cuma bedanya disini tusuk satenya terbuat dari besi stainless steel kalo di indonesia pake lidi dari bambu dan kabab di sajikan tanpa sauce kacang atau sambal kecap seperti halnya Sate.


Kalo yang ini namanya hampir mirip, yang satunya namanya mataba dan nyang dari indonesia namanya martabak. bahan bakunya juga hampir sama cuma kalo yang di indonesia lebih gurih karena ada asinan, sauce cuka dan cabe, kalo yang di saudi terasa lebih hambar tanpa aksesoris tambahan.



Nah kalo yang ini warna boleh sama tapi lauk pauknya beda-beda. yang dari indonesia disebutnya nasi kuning dan yang dari saudi namanya kabsah, nasi biryani. dan satu lagi kalo nasi tumbeng segede gitu untuk 20 orang dan kalo yang dari arab saudi nasi segede itu untuk satu orang

Just kiddink :D






Minggu, 04 Desember 2011

puasa Asyura





Wahai Saudaraku,

Nabi Muhammad saw menganjurkan umat Islam untuk hari puasa Asyura '.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas beliau berkata, yang artinya: “Saya tidak pernah melihat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam sangat berusaha mengerjakan puasa untuk mendapatkan pahalanya dibanding hari-hari lainnya selain hari ini yaitu hari ‘Asyura dan bulan ini yaitu bulan Ramadlan. [HR Bukhari no 1867] Dalam hadis lain Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, yang artinya:


“Saya memohon kepada Allah agar puasa ‘Asyura menjadi penghapus dosa satu tahun yang telah lalu.” (HR Muslim no 1976)
Ibnu al-Qayyim berkata: puasa hari Asyura dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
1. Puasa sebelum dan sesudah hari Asyura.
2. Puasa pada hari kesembilan dan kesepuluh.
3. Puasa hanya pada hari kesepuluh saja.

Note : Berdasarkan keterangan resmi Mahkamah Ulya (Pengadilan Tinggi Saudi) sesuai dengan rukiyah. Tanggal 10 Muharram (Hari Asyura) jatuh pada hari selasa 6 December 2011(tanggal 11 Muharam menurut kalender arab). Jadi bagi yang ingin dihapuskan dosanya setahun yang lalu...ntar malem jangan lupa sahur begitu juga dengan lusa jangan lupa sahur yaaaa.

Jumat, 02 Desember 2011

Safety @ Home

Bahaya bisa mengintai kapan,dimana saja...tak kenal tempat dan waktu. 
Sekedar berbagi tips keselamatan di rumah terutama buat para ibu.

ini video bagaimana cara memadamkan wajan yang berisi minyak panas.

video

Bagaimana cara memadamkannya : 
1. Matikan Kompor 
2. Ambil Kain tebal dan basahi dengan air.
3. Tutup wajan atau panci yang terbakar api dengan kain basah.
4. JANGAN MENYIRAMKAN AIR KE ARAH MINYAK PANAS YANG TERBAKAR

Kamis, 01 Desember 2011

Bagaimana caranya membawa orang tua ke saudi arabia...

Dari judulnya pasti udah tahu maksudnya...
Tahapan yang harus dilalui bila pingin membawa orang tua ke Saudi arabia...
Syarat utama adalah anda harus tinggal di saudi arabia terlebih dahulu sebelum mengajak orang tua ke saudi..
Biar lebih mudah di mengerti...di tampilkan dalam bentuk gambar...
terlebih dahulu saya ucapkan terima kasih kepada Pak Bambang yang udah sharing artikel ini...







Mohon Maaf kalo ukurannya kekecilan
Tapi jangan kuatir kalo pingin format PDF nya
silahkan kirim alamat emailnya ke email saya
Insya Allah saya kirim 
Gratis