Senin, 02 Januari 2012

Gahwa........si kopi arab

Ketika membicarakan yang namanya "kopi"... Masyarakat indonesia selalu mengindentikannya dengan "si hitam manis" yang setia menghangatkan hidup anda. Tapi kalau anda di ajak "ngopi" sama orang masyarakat "arab saudi" maka anda harus membuang jauh-jauh pikiran anda tentang "si hitam manis". karena anda tidak akan disuguhkan kopi layaknya kopi indonesia, melainkan kopi arab yang akan di sajikan adalah kopi arab yang tenar dengan sebutan "GAHWA"

Kurang lebih gini cara bikinnya :

Masukan daun-daunan ke dalam teko yang suer gue susah nyebutin nama daunnya...tapi kalo ente masuk toko kopi arab, pasti ente dengan mudah nemuinnya. tunjuk aja daun seperti seperti yang ada di dalam gambar ini. 
 Rebus kopi arab (kopi yang bentuknya tidak di sangrai alias kopi mentah) tapi sebelum di rebus biji kopinya harus di blender terlebih dahulu karena kopi yang dijual di arab adalah biji kopi yang belum di jadikan bubuk. baru akan menjadi bubuk kopi apabila anda telah menyelesaikan transaksi pembayarannya dan meminta untuk di giling hingga jadi bubuk.
 Kopi yang sudah mendidih, dituangkan ke dalam teko yang sudah dicampurkan dengan dedaunan dan rerumputan yang selain berfungsi sebagai saringan juga berfungsi sebagai pengharum kopi.
 Nah hasilnya akan terlihat seperti gambar di atas... untuk menjaga terus hangat biasanya ini di tempatkan kedalam termos untuk konsumsi di ruangan ber "AC" dan di tempatkan di ketel yang letaknya di sekitar api unggun.
 Cara penyajiannya pun special yaitu : Tangan kiri menuangkan kopi ke dalam gelas kecil mungil sedangkan tangan kanan memberikan kopi kepada semua hadirin. dan jangan coba-coba untuk melakukannya dengan tangan yang sebaliknya, karena mereka akan sangat tersinggung karena dianggap tidak sopan.
 Dan jangan punya pikiran macam-macam yaa kalo ngeliat isi gelasnya koq ga penuh (mungkin anda ngerasa kalo orang arab itu pelit atau bakhil). itu sebagai bentuk penghormatan karena semakin banyak anda meminta gahwa kepada tuan rumah berarti anda menyukai tuan rumah dan ini biasanya di isi dengan obrolan saling memuji dengan tidak lupa menyisipkan Nama Allah di setiap pujiannya.
 Satu lagi yang ga ketinggalan adalah teh manis ala arab saudi yang tenah dengan nama "syahi"... lagi-lagi dengan gelas yang juga ukurannya mungil.
 Dan ini pasangannya GAHWA... kurma muda (Rhotob) atau kalo tidak ada bisa di jodohkan dengan lompo kurma atau terkadang di sajikan dengan kurma mateng (Thamer) yang di colek dengan kreem keju.

Nah kalo udah kayak begini....6 jam ngobrol terasa hanya sekejap mata. dan jenis obrolannya juga ga berat-breat amat.. mulai dari kegiatan anda hari ini. apakah anda sholat subuh di mesjid hari ini, apakah anda sholat jum'at hari ini atau seputar kecelakaan mobil yang di temukan di sepanjang perjalanan or mungkin seputar cerita lucu yang didapat dari internet.


Gambar milik Bader Abdullah copyrigth 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini