Selasa, 21 Februari 2012

Tips sukses saat interview pekerjaan


Banyaknya permintaan yang masuk ke email saya menyangkut masalah "bagaimana tata cara interview yang baik" saat menghadapi calon boss...awalnya gue sempat kelimpungan untuk menjawabnya secara profesional karena pada dasarnya gue buka "ahlinya". tapi sekali lagi karena terlalu banyak permintaan dan akhirnya gue putuskan untuk sedikit share "pengalaman tentang interview. dan mayoritas ini gue dapatkan info ini dari hasil pertapaan gue di lembah google.
Berikut ini ada beberapa tips sukses saat interview kerja, di antaranya adalah:

1. Duduklah dikursi pelamar yang telah di sediakan dan jangan minta dipangku HRD hanya untuk nunjukkin kamu orang yang mudah bergaul.
2. Pingsan bukan pilihan terbaik menghindari pertanyaan apalagi menjawabnya dengan ungkapan "No Comment" bergaya bak artis di Infotainment.. itu harus di hindarkan!
3. Saat bingung menjawab pertanyaan jangan teriak: "Mohon dibantu yaaa... prok prok prok..."
4. Ketika ditawari gaji awal jangan berkata "Naikin ato pilih tirai nomor 2"
5. Kalau sudah tidak kuat dengan pertanyaan interview, jangan mencoba mencari kamera dan melambai-lambaikan tangan.
6. Membantu ibu pergi ke pasar bukanlah pengalaman marketing yang patut untuk diceritakan pada saat interview.
7. Jawab pertanyaan susah dengan: "Bagus... pertanyaan bagus. Menurut anda sendiri bagaimana?"
8. Jangan menekan bibir sang interviewer dan berbisik: "Aku tahu apa maumu..."
9. Saat ditanya pengalaman, jangan dijawab dengan "Maaf pak, saya ga mau inget-inget masa lalu saya, perih rasanya..." (sambil memalingkan muka)
10. Pada saat hening, jangan memecahkan gelas. Pertama kamu bukan Dian Sastro. Kedua yang beresin siapa entar?
11. Meskipun yang interview itu teman, gak perlu kita "Woy cuy, elu yg interview? Hahay, abis ini kita nonton yuk?"
12. Mencukur kumis hendaknya dilakukan sebelum interview jangan pada saat interview.
13. Kalo ditanya: "Bagaimana seandainya kamu gagal dalam pekerjaan ini?" jawab: "Ya ga papa pak, namanya juga manusia tempatnya gagal...kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda"

Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini