Selasa, 23 Oktober 2012

SEMBILAN CIRI MANUSIA TERBAIK


1)    Berakhlak Baik
Mulia dan tidaknya manusia sangat tergantung pada akhlaknya. Manusia menjadi terbaik karena akhlaknya yang bauk, sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW,: “ Sebaik-baik manusia adalah yang paling baik akhlaknya “ (HR Thabrani dari Ibnu Umar)

2)    Beramal Baik
Manusia diciptakan untuk beribadah kepada ALLAH SWT. Oleh karena itu, manusia yang terbaik adalah yang beramal shaleh. Rasulullah bersabda,: “ Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya, baik amalnya “ (HR Ahmad)
Amal saleh merupakan bekal utama untuk bias berjumpa dengan ALLAH SWT. Dengan amal shaleh, manusia mendapatkan kehidupan yang baik.

3)    Seimbang antara Dunia dan Akhirat
Manusia akan mati, bahagia atau tidaknya dalam kehidupan akhirat, sangat tergantung pada amal shaleh yang dilakukannya. Oleh karena itu, manusia harus mewujudkan keseimbangan antara dunia dengan akhirat. Rasulullah bersabda,: “ Sebaik-baiknya kamu adalah orang yang tidak meninggalkan akhiratnya untuk dunianya dan tidak meninggalkan dunianya untuk akhiratnya serta tidak menjadi beban bagiorang lain “  (HR Khatib dari Anas ra).

4)    Tidak Menjadi Beban Orang Lain
Idealnya masing-masing orang mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, bukan malah menjadi beban orang lain.  

5)    Berlaku Baik kepada Keluarga
Setiap manusia tentu memiliki keluarga, manusia terbaik harus bias berlaku sebaik mungkin kepada keluarganya. Oleh karena itu, Rasulullah bersabda : “ Sebaik-baik kamu adalah yang paling kepada keluarganya dan aku paling baik terhadap keluargaku “ (HR.Ibnu Asakir)

6)    Membayar Utang
Sebagai manusia yang mempunyai harga diri, sedapat mungkin utang tidak dilakukan, kecuali sangat darurat. Oleh karena itu, seorang muslim harus berhati-hati dalam masalah utang. Rasulullah bersabda,: “ Berhati-hatilah dalam berutang, sesungguhnya utang itu suatu kesedihan pada malam hari dan kerendahan diri (keninaan) pada siang hari “ (HR Baihaqi)

7)    Bermanfa’at bagi Orang Lain
Manusia yang baik bias memberi manfaat bagi orang lain. Segala potensi yang kita miliki harus digunakan untuk memberi manfaat kebaikan yang sebesar-besarnya. Rasulullah bersabda.: “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain “ (HR Qudha’I dari Jabir ra)

8)    Belajar dan Mengajar Al Qur’an
Al Qur’an merupakan petunjuk hidup bagi manusia. Oleh karena itu, Al Qur’an harus dipahami dan diajarkan. Bagi orang yang melakukan hal ini, akan menjadi manusia yang terbaik dalam pandangan ALLA SWT dan Rasul-NYA. Rasulullah bersabda,: “ Sebaik-baik kamu adalah orang yang belajae Al Qur’an dan mengajarkannya“ (HRTirmizi dan Ibnu Maajah)

9)    Menjaga Lidah dan Tangan
ALLAH SWT memberikan karunia yang begitu penting kepada manusia berupa lidah dan tangan yang harus digunakan untuk kebaikan. Hal ini akan membuatnya menjadi orang terbaik. Rasulullah bersabda.: “ Sebaik-baik muslim adalah muslim yang selamat dari lisan dan tangannya “ (HR Muslim).

Untuk menjadi manusia yang terbaik atau tidak, terpulang pada dirinya sendiri. ALLAH SWT telah memberikan arahan dan menyatakan kehendak-NYA, sehingga tidak ada alas an bagi manusia untuk menjadi manusia yang terburuk.


Sumber : 160 Materi Dakwah Pilihan, Drs. H. Ahmad Yani, Al Qalam, hal. 334-338

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini