Selasa, 13 Januari 2015

Sentilan kehidupan dari seorang nelayan...........


Bejo yang sudah lama bekerja di negeri padang pasir sedang berilbur dan berada di dermaga sebuah desa pesisir di kawasan pulau panjang cilegon banten, ketika sebuah perahu kecil dengan hanya satu orang nelayan sedang berlabuh. Di dalam perahu kecil beberapa besar ikan kerapu dan ikan gerong.

Bejo langsung memuji nelayan atas kualitas ikan yang ditangkap dan bertanya berapa lama waktu untuk menangkap mereka. Nelayan itu menjawab bahwa hanya butuh sebentar saja untuk menangkapnya. Bejo kemudian bertanya mengapa dia tidak keluar lebih lama dan menangkap lebih banyak ikan? Nelayan mengatakan bahwa ikan itu sudah cukup untuk mendukung kebutuhan keluarganya.

Bejo masih penasaran kemudian bertanya, "Tetapi apa yang anda lakukan dengan sisa waktu anda?"

Nelayan: "Saya tidur larut malam, bermain dengan anak-anak saya, tidur siang dengan istri saya, Markonah, berjalan-jalan ke desa setiap malam di mana saya minum kopi dan bermain catur bareng teman-teman saya. Saya memiliki kegiatan menyenangkan yang lumayan sibuk, Pak.."

Bejo dengan sedikit merendahkan berujar, "Saya seorang lulusan dari universitas di kota ini dan bisa membantu anda. Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu menjala ikan dan dengan hasil yang lebih besar itu, membeli perahu yang lebih besar. Dengan hasil dari perahu yang lebih besar, anda bisa membeli beberapa perahu, akhirnya anda akan memiliki armada perahu nelayan. Alih-alih menjual hasil tangkapan anda ke tengkulak anda akan menjual langsung ke pabrik, akhirnya anda bisa membuka pabrik pengalengan anda sendiri. Anda akan mengontrol produk, pengolahan dan distribusi. Anda akan perlu untuk meninggalkan desa nelayan pesisir kecil ini dan pindah ke kota Jakarta di mana anda akan menjalankan perusahaan anda yang semakin berkembang..."

Nelayan bertanya, "Tapi, berapa lama akan saya perlu melakukan hal itu?"

Bejo: "15 sampai 20 tahun."

Nelayan: "Tapi apa itu tidak melelahkan, Pak?"

Bejo tertawa dan berkata, "Itu bagian yang terbaik. Ketika waktunya tepat anda akan mengumumkan IPO dan menjual saham perusahaan anda kepada publik dan menjadi sangat kaya. Anda akan menghasilkan uang milyaran."

Nelayan: "Milyaran, Pak? Terus uang sebanyak itu buat apa?"

Bejo: "Kemudian Anda akan pensiun. Pindah ke sebuah desa nelayan pesisir kecil di mana Anda akan tidur larut malam, bermain dengan cucu-cucu Anda, mengambil tidur siang dengan istri Anda, berjalan-jalan ke desa di malam hari di mana Anda bisa minum kopi dan bermain gitar dengan teman Anda..Pokoke menikmati benar masa tua anda dengan berbagai kegiatan yang anda cintai "

Nelayan: "Mengapa saya harus nunggu selama itu...Bukankah saya sekarang sudah seperti itu?"

Bejo: !@#$%^&*()_)(*&^%$#@!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini