Minggu, 19 April 2015

Nama-nama penyakit dalam bahasa inggris

sadar ga sadar harus di akui...ternyata cukup lama tinggal dinegeri orang, ada aja cerita lucu yang bisa di sharing ke orang lain. salah satunya kendala bahasa yang saya temui ketika harus berurusan dengan tenaga medis. masalahnya bukan pada masalah tatanan bahasa inggris tapi lebih kepada kebiasaan bahasa sehari-hari yang kita pakai berkomunikasi dengan para dokter di indonesia ternyata agar sukar di implementasikan dengan para dokter di luar negeri.

Mau tau contohnya? coba simak percakapan berikut ini:

Di indonesia:

Pasien: Assalamu'alaikum Dok
Dokter: alaikum salam....kenapa nih? apa keluhannya?
Pasien: Kurang enak badan dok... kayaknya saya masuk angin nih.
Dokter: Coba saya periksa..... seterusnya dan seterusnya.

Di Arab saudi:

Pasien: Assalamu'alaikum Doc
Dokter: alaikum salam....what happen?
Pasien: Blank...... masa harus gue jawab (Body not feel good doc... I though wind come inside). kalo gue bilang fever pada kenyataannya temperature badan normal.
Dokter: masih terus melotot nunggu jawaban.

lain lagi ketika harus ke dokter ketika mengalami keluhan lainnya:

Di indonesia:

Pasien: Assalamu'alaikum Dok
Dokter: alaikum salam....kenapa nih? apa keluhannya?
Pasien: Tadi abis main bola... kayaknya kaki kiri saya keseleo atau mungkin salah urat nih.
Dokter: Coba saya periksa..... seterusnya dan seterusnya.

Di Arab saudi:

Pasien: Assalamu'alaikum Doc
Dokter: alaikum salam....what happen?
Pasien: Blank...... masa harus gue jawab (After play football... I though my left foot get strain or maybe wrong musscle).
Dokter: masih terus melotot nunggu jawaban.

biar bisa share sedikit pengalaman, sebaiknya kita tau jenis-jenis penyakit dalam bahasa inggris. Biar kasus seperti saya di atas ga terjadi pada anda:

  • Sakit Demam (Fever)
  • Sakit gigi (tooth ache)
  • Sakit kepala (headache)
  • Pusing (Dizziness)
  • Sakit perut (Stomach) 
  • Muntah (vomiting)
  • Batuk (cough)
Mungkin itu aja dulu yaa,,,,, dan jangan sesekali kalo ditanya dokter perihal penyakit menjawab dengan direct translate via google. contoh fatal kalo mau ngejelasin penyakit "angin duduk". Masa harus bilang ke dokter (Wind Sit) huaheheheheeeee.


keep healthy

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini