Senin, 15 Juni 2015

Penipu yang tertipu (PJTKI Abal-Abal......)

Saya pengen share sedikit kisah lucu orang yang mencoba menipu melalui jejaring sosial "linkedin". Sudah dari awal saya mulai curiga dengan iklan yang mereka tayangkan di jejaring sosial tersebut. Ada beberapa hal yang membuat saya curiga:
  • Kejanggalan pertama: Mereka menyuruh calon pelamar untuk mengirimkan email ke alamat yang domainnya bukan domain perusahaan. melainkan domain gratisan @consultan.com.
  • Kejanggalan kedua adalah: Setelah di check ke Official Web site perusahaan tersebut dan saya tidak menemukan lowongan kerja yang mereka tawarkan alias ga ada lowogan kerja.
  • Kejanggalan ketiga: sebagai salah satu follower dari perusahaan yang mereka iklankan, say tidak mendapat berita tentang lowongan kerja terseut. tapi tiba-tiba ada pihak lain yang menayangkan iklan lowongan kerja di perusahaan tersebut.

Diselimuti rasa penasaran tingkat tinggi maka saya coba untuk mengtahui modus operasi mereka untuk menjerat calon korbannya. berikut kronologinya.

  1. Saya mencoba mengaply iklan layanan tersebut dengan menggunakan bahasa inggris yang isinya sebagai berikut:
"Dear Sir,


I’m very interested in the Console operator position being advertised Linkedin website and fully believe that my training and employment background would be perfect for this position.

Here is a brief summary of the contributions I can make to your company due to my years of experience in this field, I have:

• 14 years of experiences work in polymer plant at Indonesia as shift supervisor
• 6 years of experience operating chemical processing equipment accurately and safely in KSA
• Familiar with DCS Yokogawa (Centum XL, Centum CS 3000R and Centum V)
• Familiar with Commissioning and startup activity (Successfully and safely CSU for Polyethylene terephthalate plant. Polycarbonate plant and Fatty Acid/alcohol plant)

My personality as a hard worker and fast learner type of person would bring benefit to your company. I will be very appreciated if you could give in opportunity to work in your company.


Herewith I enclose my curriculum vitae, which will give details of my qualification. I hope my qualifications and experience merit your consideration and look forward to your reply.



Sincerely"

Dan yang buat saya ngakak adalah mereka membalas surat lamaran saya dengan tidak menuliskan sepatah kata pun (mungkin puyeng ngebalesnya kalo pake bahasa londo huehehehehee), melainkan hanya mengirimkan attachment alias lampiran yang isinya....


Yang bikin gue ngakak...tulisannya nama "Cahyono" dan "Mansur Hutabarat. ST" ga di hapus "text background color"nya. hueheheheeeee

Dan Alhamdulillah setelah kejadian ini...pihak perushaan resmi mengeluarkan klarifikasi perihal tersebut yang isinya:

"







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini