Jumat, 19 Juni 2015

Resep kue tuk berbuka puasa yang simple...Tili Aya (kue gurih manis asal Gorontalo)

Tiba-tiba memasuki bulan Ramadhan...Rasa rindu kepada kedua orang tua (Semoga Allah selalu merahmati keduanya) dan tak henti-hentinya dibulan yang penuh keberkahan ini terucap doa kepada keduanya.



Kerinduan itu semakin bertambah ketika mengenang masa-masa indah ketika berbuka puasa bersama dengan menu yang telah disiapkan oleh ibu tercinta. salah satu hidangan menu yang selalu hadir di tiap Ramadhan dan sangat saya gemari adalah Kue "Tili Aya". Kudapan dari Gorontalo (kota asala kedua orang tua saya) yang manis dan gurih serta simple pembuatannya seakan menjadi menu wajib di tiap bulan puasa.

Tuk mengobati rasa kerinduan kepada orang tua dan juga masakan beliau maka saya mencoba membuat kudapan dan hasilnya ga jauh beda dengan hasil olahan mendiang mama.


Biar resep ini ga punah dan bisa dinikmati siapa saja maka coba saya share di blog. siapa tau kue ini bisa klop dengan lidah pembaca semua.

BAHAN:
  • 6 butir telur ayam
  • 2 blok gula merah, (kalo ditimbang sekitar 300 gr)
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml santan (karena disini susah nyari santen kelapa, maka pake santen kelapa kalengan)

CARA MEMBUAT TILI AYA:
  1. Kocok telur (kuning dan putih telur), gula merah dan garam hingga seluruh gula larut.(ga merekomendasikan untuk menggunakan elektrik mixer, sebaiknya pake kocokan manual biar hemat listrik)
  2. Tuangi santan sedikit-sedikit sambil kocok rata.
  3. Tuang ke dalam cetakan kecil buat bikin ager-ager/puding.
  4. Kukus selama 30 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.

untuk pemanis bila dihidangkan bisa ditarus diatan kue irisan daun pandan (bagus juga tuk penambah aroma) atau di taruh kismis pada saat proses pengkukusan.

Kue bisa tuk: 20 porsi


2 komentar:

  1. Makasih ya atas informasinya sangat bermanfaat sekali
    Simple chocolate fudge cake recipe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama....saya juga suka dengan kontent google+ milik antum

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini