Kamis, 15 Oktober 2015

Langkah-langkah pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi) di saudi Arabia

Langkah-langkah pengurusan SIM (Surat Izin Mengemudi) atau kalo dalam bahasa kerennya Driving license kalo orang arab nyebutnya رخصة سياقة


  • Mengisi form pendaftaran/pengajuan tuk pembuatan SIM. Untuk form isiannya bisa di download di link Driving license.
  • Untuk ngisi form harus pake bahasa Arab.... bisa minta tolong temen tuk ngisiin formnya. 
  • Kalo udah di isi terus tempelin foto 4 x 6 dan bawa filenya untuk di stempel sama polisi lalu lintas. jangan lupa sertakan juga dokumen lainnya seperti Photo copy Iqama, photo copy passport, photo copy visa kerja dan visa yang udah di stempel yang terkini (note: sebaiknya visa copy di stamp sama kafeel/sponsor)
  • Kalo dan di stamp sama polisi (di stamp di bagian photo sama di bagian form isian terus meluncur ke klinik/rumah sakit terdekat tuk melakukan medical check up. (check mata sama check golongan darah.
  • Dirumah sakit bawa dokumen yang udah di stamp sama polisi dan tunjukin ke receptionist untuk proses pendaftaran. Bayar cash (ga di cover sama asuransi) sekitar SAR 100 sampe SAR 150 tergantung rumah sakitnya.
  • Jangan lupa pastikan dokter mata sama dokter umum ngisi hasil test mata dan hasil lab dari golongan darah kita di form yang udah ditanda tangani sama polisi dan form tersebut juga harus ditanda tangani sama dokter umum untuk kolom golongan darah dan tanda tangan dokter mata untuk kolom pemeriksaan mata. dan sebagai pelengkap juga harus ada stamp umah sakit yang memeriksa dan sebagai tanbahan aja kalo kita punya dokumen golongan darah (biasanya tertera di ID Card perusahaan) ga perlu di check lagi di lab.
  • Kalo udah cukup stampnya terus bawa dokumen ke driving license school dan submit di bagian pendaftaran. Di sini ente akan di verifikasi berkasnya:
  1. Photo copy iqama (iqama aslinya di bawa tuk di verifikasi)
  2. SIM indonesia yang udah ditranslate ke bahasa arab (SIM aslinya di bawa tuk di verifikasi)
  3. Photo copy passport sama visa kerja/visa terakhir yang distamp di bandara (stam kedatangan) di verifikasi tanggal masuk ke saudi terakhir kali atau stamp original document dari kafeel
  4. verifikasi dokument yang ditadangani sama polisi dan dokter. kalo semua dokumen komplit maka bayar SAR 3 buat beli amplop hijau yang dah disiapin receptionins.
  5. Kalo dah dapat Map hijau langsung meluncur ke tempat test lapangan. untuk mengetest bisa atau ga bisa menyopir yang di awasi sama instruktur. kalo bisa jalan maju/mundur sama parkir maka form akan di tanda tangani BISA NYUPIR.
  6. Kalo udah lulus pre-test maka selanjutnya di suruh ke tempat ujian parkir untuk di briefing tentang tata cara ujian sim (ini semacam tour singkat yang mana kita disuruh duduk anteng di belakang kemudi tuk merhatiin jalur mana yang akan di lalui saat test sama polisi dan di ajari sedikit gimana cara parkir mobil yg benar)
  7. Terus balik lagi ke loket informasi tuk bayar biaya pendaftaran tuk test ujian sim yang besarannya SAR. 100.- (dibayar di loket)
  8. Kalo dah bayar di suruh ikut orientasi di kelas untuk persiapan ujian komputer (cuma ngeliatin video cara ngikutin ujian komputer)
  9.  Dan kalo dah selesai nonton maka dokument kita ditanda tangani lagi sama instruktur di kelas yang artinya kita dah siap tuk ujian sim dan diwanti-wanti tuk datang jam 05:00 pagi ke driving school.
  10. Gue kirain mereka becanda (padahal jam 05:00 pagi matahari hari aja belom muncul) tapi ternyata mereka serius karena gue berangkat dari rumah jam 06:00 pagi ternyata shelter untuk ujian sim dah penuh sama hampir 100 orang lebih)
setelah nunggu dari jam 06:00 pagi ternyata polisinya baru dateng jam 07:30 dan untungnya ana dapet urutan awal dan beres ujian praktek lapangan jam 08:00 pagi. dan test prakteknya pun ga sesulit test sim di indo (edisi curhat karena di indo bikin sim ga pernah lulus test). Dan tahapan test praktiknya cuma disuruh keliling sesuai route yang di ajarin kemaren terus masuk ke parkiran zigzag dan langsung di ikutin sama parkir mundur sesuai dengan slot parkir yg ditentukan nomornya oleh petugas.

untuk mempelajari gimana cara test parkir bisa di liat videonya di youtube.com

Kalo udah beres di suruh kembali ke loket tuk nunggu hasil ujiannya kalo nama anda dipanggil dan ada tanda tangan petugas di balik dokumen kita terus ngasihin ke kita sambil nyebut "COME BACK AFTER 3 DAYS" itu artinya test anda gagal. dan kalo diloket nama anda tidak dipanggi melainkan dipanggilnya di ruang komputer test artinya anda lolos dari test praktek lapangan.

Untuk test komputer kita di wajibkan tuk ngejawab 15 dari 20 pertanyaan yang tersedia di komputer layar sentuh yang sudah disediakan. kalo salahnya lebih dari 5 maka dipastikan anda gagal.mangkanya harus diperhatikan baik-baik soalnya dan kalo emang ragu akan jawabannya maka boleh di skip (maksimal 5 kali di skip soalnya) dan ga usah terburu-buru karena anda memiliki waktu 30 menit tuk nyelesaikan soal-soal.

untuk mempelajari gimana cara test komputer bisa di liat videonya di youtube.com

Kalo lulus dari ujian komputer maka kita dikasih dokumen kita plus surat pernyataan lulus yang udah di berikan oleh petugas. dan langsung menuju loket penerbitan kartu SIM sambil bawa dokumen plus bukti pembayaran sim (di bayarkan melalui ATM/ SADAD payment) yang besarannya:
  •  2 years - SAR.80 
  •  5 years - SAR.200
  • 10 years - SAR.400)
ongkos taxi (pulang pergi) = 60 SR
Cuci cetak photo 4 x 6 = 15 SR
Medichal check up = 100 SR
Biaya Map Ijo = 5 SR
Biaya pendaftaran = 100 SR
Biaya SIM tuk masa 10 tahun = 400 SR
translate SIM Indo ke bahasa arab = 50 SR
-------------------------------------------
Total biaya = 730 SR
===========================================
SIM Arab anda berlaku sampai 10 Tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini