Minggu, 12 Maret 2017

10 kuliner asala indonesia yang sangat dirindukan kala bekerja di luar negeri

Ngomongin soal Indonesia pastinya ga terlepas dengan destinasi wisata yang luar biasa indah bahkan sudah menjadi bahan perbincangan di seantero dunia. Negeri bak syurga di khatulistiwa yang menawarkan sejuta kenangan indah yang sangat dirindukan oleh para penghuninya. Terlebih buat mereka yang besar dan lahir disana dan harus berkarir di negeri orang yang jaraknya terpisah oleh jarak dan waktu.

Tapi bukan hanya keindahan destinasi wisatanya saja yang membuat para warga Indonesia yang bermukim di luar negeri merasa kangen tapi nikmatnya kuliner nusantara yang bikin lidah bergoyang bila sudah berhadapan dengan aneka santapan nusantara. Tapi sayangnya tidak banyak turis yang pernah berkunjung ke Indonesia dan ingin kembali berlibur hanya untuk mencicipi kuliner yang pernah mereka santap selama berwisata di Indonesia.

Dan sebagai tenaga kerja Indonesia yang bermukim di negeri orang sudah selayaknya kita juga berperan aktif menjadi ambassador dari negeri tercinta. Citra bangsa Indonesia yang kesohor dengan “Bali” dan “Puncak” bagi para turis asing asal timur tengah, sudh saatnya di giring untuk tidak sekedar singgah kedua destinasi tersebut, melainkan juga harus bisa mampir atau bahkan bisa kecanduan dengan pesona Indonesia dan bahkan addict dengan cita rasa kuliner Indonesia.

Berikut beberapa menu kuliner nusantara yang bisa ditawarkan kepada calon tourist asal timur tengan yang punya hasrat untuk hadir dan singgah di negeri khayangan. Bumi nusantara tempat terbentangnya garis khatulistiwa. Negeri dengan stempel keramahan senyum para penghuninya:

1. Rendang

Makanan khas Indonesia yang biasa di sebut rendang ini mempunyai rasa yang sangat kuat. Dengan berbahan dasar daging dan beberapa bumbu rempah-rempah yang ada di dalamnya seperti misalkan saja kunyit, ketumbar dan beberapa bumbu lainnya membuat Rendang menjadi makanan khas Indonesia yang populer. Sudah dapat di pastikan apabila anda sudah mencoba makanan khas indonesia bernama rendang ini, tentu anda akan mencoba untuk gigitan kedua.

Biasanya saat orang Padang memasak Rendang akan mempunyai rasa yang khas yaitu rasa yang khas dan legit. Terlebih lagi daging lembut yang berenang dalam kuah rendang akan sangat cocok bila di padukan dengan nasi hangat. Masakan orang padang yang satu ini juga sangat terkenal di berbagai belahan indonesia, terlebih lagi beberapa tahun belakangan ini banyak rumah makan padang yang tersebar di seluruh indonesia dengan masakan rendangnya yang enak.



2. Rabeg

Makanan khas Indonesia yang biasa di sebut rabeg ini mempunyai rasa dan tekstur mirip denagn rending tapi yang nyaris membedakannya adalah rendang yang sangat popular di padang dan berbahan baku daging sapi yang sangat enak, Sedangkan Rabeg adalah kuliner yang sangat popular di banten dan memiliki bahan baku dari daging kambing muda berlamur dengan aneka rempah-rempah yang sangat mirip dengan rendang dan satu lagi yang membedakan adalah rendang menggunakan santan kelapa untuk menambah gurihnya kuliner tersebut dan rabeg tidak menggunakan santen.



3. Opor ayam

Makanan khas Indonesia yang ketiga ini adalah makanan yang sangat di gemari pasalnya menggunakan bahan dasar ayam yang di campur dengan kuah bersantan, telor dan juga kentang. Aroma yang di hasilkan saat makanan ini matang, sangat sedap sekali sehingga akan menggugah selera anda. Terlebih lagi biasanya ayam yang di masak dalam opor ini sangat empuk, sehingga memudahkan kita untuk memakannya.

Dengan bumbu berbahan dasar kunyit, ketumbar, santan dan bawang merah tentu akan memberikan sensasi tersendiri bagi orang yang mengkonsumsinya. Dan makanan khas indonesia yang satu ini pasti akan membuat kangen saat kita tidak berada di Indonesia. Makanya tidak ada salahnya jika pada saat kita akan pergi keluar negeri, santap makanan khas indonesia yang satu ini sampai perut anda puas




4. Rawon

Asal dari makanan khas Indonesia yang satu ini yaitu dari Jawa Timur. Bahan dasar dari jenis makanan khas Indonesia yang satu ini berbahan dasar Daging Sapi dan Kluwek. Apakah anda tahu Kluwek itu apa? Tentu kuah kental yang bisa kita dapatkan pada makanan khas indonesia ini sangat luar biasa, pasalnya bumbu rempah yang bercampur dengan kuah bisa membuat rasa yang pecah di dalam setiap kunyahan.

Kluwek merupakan sebuah bahan makanan yang bisa membuat warna dari kuah rawon menjadi hitam pekat. Dengan bumbu berbahan dasar daun bawang, keumbar, bawang merah dan bahan lainnya. Tentunya makanan khas Indonesia ini akan enak jika di konsumsi dengan nasi yang hangat. Saat ini banyak acara pernikahan yang menyajikan makanan khas indonesia bernama rawon ini sebagai sajian untuk para tamu undangan


5. Gudeg

Makanan khas indonesia yang selanjutnya adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Jogja. Makanan ini berbahan dasar nangka muda yang kemudian di masak dengan gula merah dan santan. Rasa dari makanan khas Indonesia ini adalah legit dan manis. Bagi para pencinta kuliner di seluruh nusantara tentu tahu dengan makanan khas indonesia super enak yang bernama gudeg ini.

Makanan khas Indonesia ini akan sangat enak jika di konsumsi dengan nasi yang hangat, kemudian di tambah dengan lauk pelengkap seperti misalkan saja ayam goreng, telur rebus, tempe goreng dan juga kerupuk kulit sapi. Saat ini banyak orang yang menjual gudeg secara online, tentu akan menjadi sebuah bisnis yang sangat cerah karena gudeg yang merupakan makanan khas indonesia ini sangat banyak peminatnya.


6. Nasi Uduk

Makanan Khas Indonesia berikutnya adalah Nasi Uduk.Nasi uduk sebenarnya merupakan resep masakan tradisional yang dimiliki oleh beberapa daerah di indonesia terutama masyarakat jawa dan sunda, namun hanya namamya yang sedikit berbeda. Beberapa resep nasi uduk ini, seperti : nasi uduk betawi, nasi kuning bandung, sego uduk ( jawa ), sego punar ( jawa ), dan nama nama lainnya.

Kuliner yang berbahan dasar nasi yang dicampur dengan santan kental serta repah-rempah membuat masakan ini menjadi gurih dan menebar aroma yang bisa menggugah selera makan terlebih bila dikombinasikan dengan makanan pendamping seperti Nasi uduk empal, Nasi uduk telor ballado dsb.


7. Mie Ayam Bakso

Makanan Khas Indonesia berikutnya adalah Bakso. Pastinya anda sudah tahu bukan penampakan dari makanan khas Indonesia yang di namakan bakso ini seperti apa? Bakso merupakan makanan yng terbuat dari daging di bentuk seperti bola-bola kemudian di makanan bersama kuah sedapnya. Saat ini bakso merupakan salah satu makanan khas indonesia yang sangat populer dan hampir di setiap wilayah di indonesia ada dengan ciri khas masing-masing.

Biasanya bakso sangat cocok di konsumsi bersama dengan kombinasi makanan lainnya seperti misalkan saja pangsit, bihun, gorengan dan berbagai sayuran yang tentunya akan menjadi makanan sehat yang siap untuk di konsumsi. Untuk bakso yang terkenal di Indonesia adalah Bakso malang yang hingga saat ini masih merajai untuk jenis makanan daging yang di bulatkan ini. Ada berbagai macam modifikasi yang di lakukan terhadap makanan khas indonesia yang satu ini

Kuliner yang satu ini bukan endemic kuliner nusantara akan tetapi kuliner yang satu ini merupakan menu yang murah meriah tapi dijamin dapat membuat para penikmatnya kecanduan terlebih bila sudah di kombinasikan dengan bakso dijamin bikin para penikmatnya bergoyang lidah sampe sekonyong-konyong.




8. Pempek

Makanan khas Indonesia berikutnya adalah makanan yang di namakan Pempek dan makanan ini merupakan makanan andalah dari Palembang. Mempunyai popularitas yang baik di Indonesia, tentunya tidak ada salahnya apabila anda mencicipi makanan ini. Rasanya kurang pas apabila anda seorang pencinta kuliner akan tetapi belum pernah merasakan lezatnya masakan yang berasal dari salah satu wilayah yang ada di Indonesia ini.

Berbahan dasar ikan dan di olah dengan tepung akan membuat Pempek mempunyai bentuk yang cukup menarik. Biasanya pempek ini di padukan dengan kuah encer perpaduan antara gula dan saus cuka, kemudian segera konsumsi pempek anda selagi masih hangat. Rasa yang sangat gurih yang di dapat dari ikan yang telah di olah tersebut membuat banyak orang rela untuk mengeluarkan uangnya demi dapat melahap makanan khas indonesia ini.



9. Siomay

Makanan khas Indonesia berikutnya Siomay. Siomay adalah jenis makanan yang memiliki ciri khas rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal. Makanan merupakan salah satu jenis makan yang berasal dari daerah sunda dan lebih tepatnya yaitu kota Bandung sehingga sering disebuat dengan nama siomay Bandung. Makanan khas kota Bandung ini biasanya terbuat dari bahan dasar daging ikan tenggiri atau jenis ikan yang lainnya. Akan tetapi, untuk jenis siomay yang akan kami buat ini merupakan siomay yang terbuat dari daging ayam sehingga dimanakan siomay ayam. Siomay ayam memiliki rasa yang tidak kalah enaknya dengan siomay ikan. Untuk proses pembuatan dan penyajiannya pun sama seerti siomay ikan yang disajikan dengan kuah sambal kacang yang gurih dan sedikit dikucuri dengan perasan air jeruk. Semua orang dapat menikmati makanan enak yang satu ini termasuk anda dan keluarga anda. Siomay ayam dapat dinikmati sebagai makanan santai namun dapat mengganjal perut yang sedang lapar.



10. Gorengan

Untuk makanan khas Indonesia yang berikutnya adalah gorengan, makanan yang satu ini merupakan makanan yang sangat cocok di jadikan sebagai makanan pendamping saat sedang melakukan obrolan santai. Biasanya gorengan hadir sebagai teman minum kopi atau teh dan saat ini banyak kios atau orang yang menjual gorengan untuk menuntaskan keinginan pencinta kuliner yang menginginkan gorengan yang merupakan makanan khas indonsia.

Ada banyak contoh makanan khas Indonesia yang satu ini, misalkan saja pisang goreng, weci, bakwan, cireng dan tentunya masih banyak lagi jenis makanan khas Indonesia gorengan ini yang bisa anda pilih sesuai dengan selera. Mulai dari rasa yang manis, asin hingga pedas bisa anda dapatkan pada makanan khas indonesia yang satu ini tergantung anda menginginkan rasa yang mana. Salah satu makanan yang di setiap daerah di berbagai belahan indonesia hampir ada.


Nah kalo udah pada baca ini dan para indo-jubail lovers pada ngiler sampe ngeces, tolong jangan salajkan saya. solusinya bikin sendiri dan bisa panggil saya sebagai quality assurance team or minimal sebagai tester kuliner


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini