Selasa, 07 Maret 2017

Tips memancing pinggiran ala borokocot fishing team jubail

Mancing adalah sebuah aktivitas yang biasa dilakukan orang untuk mendapatkan ikan baik untuk dikonsumsi, di jual atau sekedar untuk menyalurkan hobby agar terlepas dari kepenatan beraktivitas. memancing bisa sangat menyenangkan bisa juga sangat membosankan. Dikatakan menyenangkan bila umpan yang kita lemparkan langsung disambar oleh ikan target dan akan sangat membosankan bila umpan yang kita tebar tidak disambar dalam tempo berjam-jam (kalo kasusnya seperti ini sebaiknya di inget-inget lagi mungkin ente ga ditakdirkan tuk jadi angler..hueheheheheee)

memancing bukan semata masalah alat pancing, umpan dan ikan. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum anda berangkat mancing agar hasil yang anda dapatkan tidak mengecewakan. berikut beberapa tips agar ikan yang anda dapatkan bisa untuk memuaskan hasrat berburu ikan anda:

  • Spot fishing alias pemilihan tempat untuk memancing
Ini factor yang sangat berpengaruh dalam menentukan jumlah ikan yang akan anda dapatkan. Saya menyarankan untuk para pemancing pemula tuk tidak memancing di dalam kantor polisi karena anda bukan mencoba tuk memancing ikan melainkan anda sedang melakukan modus operandi untuk "MEMANCING" keributan dan saya yakin anda tidak akan mendapatkan ikan malah akan mendapatkan masalah yang berujung tidak akan merasakan menu ikan dalam beberapa hari... just kiddink. kita kembali ke benang merah soal lokasi mancing. sebaiknya untuk lokasi mancing pinggir pantai, usahakan cari lokasi yang ada karang, rumput laut, rumpon yang kondisinya agak dalam (tidak terlalu landai) karena lokasi tersebut biasanya merupakan kandang biologis buat ikan.

  • Fishing lure alias umpan mancing 
Ini juga hal yang ga bisa disepelekan karena pemilihan umpan yang tepat berdasarkan cara memancing dan target ikan yang akan didapatkan. Saya bisa prediksi bahwa akan sulit mendapatkan ikan giant travelly  kalo umpan yang digunakan khobus atau chapatti. hueheheheeee.. 
untuk mancing pinggiran atau ke tengah laut umpan yang ideal adalah udang segar. sekali lagi udang segar bukan udang asem manis atau udang saus tiram. Tapi kalo udang sedang mahal atau stok agak terbatas maka bisa diganti dengan cumi atau bahkan blukutuk. Tapi sekali lagi umpan dengan menggunakan udang segar lebih garang ketimbang cumi atau blukutuk.

  • Fishing time alias pemilihan waktu memancing
Sebetulnya kapan saja kita mancing akan bendapatkan ikan walau cuma satu atau dua ekor tergantumg nasib. tapi pada dasarnya semua anglers ingin mendapatkan ikan dengan jumlah yang banyak dengan waktu yang sangat singkat. Oleh sebab itu dibutuhkan penentuan waktu yang pas untuk memancing. Waktu yang ideal untuk memancing adalah ketika anda sedang memiliki waktu luang dan jangan coba-coba anda pergi memancing di saat anda sedang memiliki acara dengan kerjaan, keluarga atau tetangga. Alaaaaaahh ngelantur. waktu memancing yang saya maksud ialah melihat waktu-waktu biologis ikan untuk makan.
  1. Waktu biologis ikan untuk makan adalah pagi hari saat matahari sudah perlahan-lahan memunculkan sinarnya (mungkin kalo bahasa indonesia di sebut sarapan). Pada saat itu sebaiknya anda pergi memancing dan upayakan sesegera mungkin karena waktu ini sangat pendek. apabila anda datang terlambat maka kemungkinan anda akan kehilangan momen tersebut karena mungkin ikan sudah keburu kenyang setelah menyantap menu nasi uduk yang sudah disiapkan oleh sang ibunda ikan.
  2. Waktu biologis ikan untuk mencari makan yang kedua adalah malam hari dan biasanya dimulai saat matahari sudah mulai tergelincir di ufuk barat dan lebih dahsyat lagi bila hal ini diikuti denga rembulan yang mulai perlahan muncul berbarengan dengan air laut mulai pasang. (kalo dalam bahasa yunani waktu makan ikan ini disebut "Ngewadang")
selain waktu biologis tersebut kita juga harus memperhatikan musim ikan sedang kelaparan. Dan biasanya saat peralihan musim (contohnya dari musim kemarau ke musim durian huehehee) sorry kebanyakan becanda. Maksud ane memancing saat musim transisi dari musim panas ke musim dingin atau sebaliknya. Kondisi ikan sangat galak untuk menyambar umpan.

  • Keberuntungan
Nah yang ini merupakan faktor yang ga bisa dikesampingkan. Walaupun anda sudah menyiapkan best umpan, best pancing, best timing akan tetapi masih ga dapet ikan. Mending di ingt-inget lagi kemungkinan anda pernah memberikan harapan palsu terhadap ikan atau anda pernah menyakiti ikan sehingga sulit dilupakan oleh ikan. 

Dari pada obrolan saya semakin melantur sebaiknya saya share aja photo-photo borokocot team yang lagi panen ikan di pantai jubail saudi arabia


































Note: All photos courtesy borokocot fishing team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini