Jumat, 23 Juni 2017

Tips sederhana melamar kerja…

Melamar pekerjaan rasanya gimana gitu...kayak ada manis-manisnya. Rasa kepo bercampur harap-harap cemas yang mirip orang mancing tapi umpannya kadang langsung disamber atau hanya sekedar disenggol bahkan ga kesentuh sama sekali sama ikan. Tapi sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan dan sekali lagi sama seperti memancing lkan selalu ada trik dan intrik biar ikan mau nyamber umpan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan kalau surat lamaran pekerjaan minimal mau di baca sama perusahaan yang mau menghired:

  • Subject email

Biasakan mengisi subject email anda dengan Nama dan Jabatan yang anda lamar. hal ini memudahkan perusahaan untuk menyeleksi calon pegawainya.

  • Attachment
Pastikan anda sudah melampirkan CV dan cover letter sebelum email dikirim, tidak perlu melampirkan semua sertifikat yang anda punya.

  • Cover Letter dan CV
Buatlah surat lamaran yang terkesan personal/khusus untuk perusahaan yang dilamar.Pastikan CV anda menampilkan photo yang sesuai dengan posisi yang anda lamar, mengedit photo sah sah saja, asal jangan berlebihan apalagi sampai anda tidak dikenali.Pastikan CV anda ringkas, akurat, dan menarik untuk dibaca dan mencantumkan “summary, personal information, education, working experience, training, skills, achievement dan reference”

  • Network
Buka jaringan seluas mungkin, membangun hubungan baik dengan siapapun bakal menciptakan image yang positif, karena bahwasanya siapapun bisa menjadi sumber referensi anda, dan referensi itu bisa menjadi positif dan bisa pula negatif bagi anda.

  • Berdoa dan berfikir positif
Jika anda tidak diterima, hal tersebut jangan diartikan negatif terhadap diri anda apalagi terhadap perusahaan yang tidak menerima anda. Jadikan hal tersebut sebagai pelajaran bagi anda untuk kesempatan baru yang akan datang. Kalo pake bahasa saya, "jadikan proses melamar sebagai tolak ukur kemampuan skill yang kita peroleh selama ini"



Selamat mencoba dan selamat berlibur


Taqabalallahu minna waminkum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini