Kamis, 21 Desember 2017

produk indonesia jadi primadona di timur tengah

Pengiriman Tenaga Kerja Indonesia di Arab Saudi ternyata dapat memberikan keuntungan yang besar bagi beberapa perusahaan Nasional. Dengan jumlah sebanyak itu TKI bukan hanya memberikan keuntungan devisa bagi negara namun TKI juga menjadi menjadi mesin pemasar produk Indonesia  di Arab Saudi. Terbukti dari bertambahnya jumlah toko Indonesia di penjuru Arab Saudi. dan salah satunya adalah Toko Rindu Alam yang ada dikawasan Jubail KSA.

Melejitnya beberapa produk tersebut tidak lepas dari rekomendasi orang-orang Indonesia kepada orang-orang dari bangsa lainnya. Salah seorang pelanggan Arab Saudi yang membeli minyak kayu putih berkata, "beberapa waktu yang lalu anaknya sakit karena udara dingin, kemudian ia bertemu orang Indonesia dan menyarankannya untuk menggoleskan minyak kayu putih di tubuhnya. Ia menuruti saran orang Indonesia itu dan alhamdulillah dengan izin Allah anaknya kembali sehat. sejak saat itu ia selalu sedia minyak kayu putih di rumahnya. Keberhasilan Minyak Kayu Putih dan beberapa produk lainnya tersebut tidak lepas dari para TKI yang kerap menggunakan produk-produk buatan Indonesia dan mengajak orang lain untuk ikut menggunakannya. Kecintaan para TKI untuk selalu menggunakan produk-produk tersebut ternyata dapat menular pada orang-orang dari bangsa lainnya.

Bahkan saat ini kalau para pekerja mudik ke indonesia alias vacation, tidak sedikit dari mereka request beberapa product dari indonesia. sebut saja "Abon Cabe" dan "Kopi Luwak". perlahan tapi pasti beberapa produk indonesia sudah mulai melekat dihati warga saudi arabia. bahkan sekarang sangat mudah ditemui di berbagai supermarket di saudi. bahkan boleh dibilang bisa dijadikan ikon indonesia di saudi arabia.

Beberapa produk indonesia bahkan sudah sangat terkenal di Arab Saudi seperti:
  • Indomie
  • Sambal Lampung Indofood (Shata Sumatra)
  • Minyak Kayu Putih ( Zeit Ahdhar Indonusi )
  • Koyo Cabe ( Lazgah Dhohr )
  • Sabun Pepaya ( Sobun Babaya )
  • Minyak Urut Cap Kampak ( Abu Fas )
Untuk hasil bumi Nusantara yang paling digemari adalah 
  • Lengkuas atau Laos ( Khalanjaan ) 
  • Kunyit ( kurkum ). 
  • Mangga Indramayu
  • Rambutan
Kalau saja beberapa produk indonesia bisa menjadi primadona bagi warga saudi, kenapa tidak sekalian saja para TKI menjadi brand ambassador buat pariwisata indonesia. karena ternyata mayoritas warga saudi hanya kenal indonesia dengan "PUNCAK, BALI dan JAKARTA" 

at least kalo belum bisa menjadi good ambassador of wonderful Indonesia, setidaknya dengan berperilaku (berakhlak) baik di negeri orang, anda sudah berperan serta menjaga citra bangsa,"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini