Kamis, 15 Juli 2010

HOW TO BRING FAMILY TO SAUDI ARABIA



Assalaamu’alaykum…

Keluarga adalah bagian terpenting dari kehidupan duniawi kita dan merupakan bagian yang sulit dipisahkan...hmmmm mungkin kalo pake bahasa kerennya mereka itu adalah separuh dari nafas hidupku. (beeeeerrrrrr) so apapun resikonya ku coba memboyong mereka dengan segala keterbatasan yang kumiliki.

sekedar berbagi pengalaman sama blogger sekalian, siapa tahu dapat kesempatan kerja di saudi dan punya niat boyong pasukan ada beberapa tahapan yang harus dilalui. dan semoga beberapa step berikut dapat memudahkan rekan-rekan yang akan membawa keluarganya (Istri+Anak) ke Arab Saudi. Jangan lupa, Banyak berdo’a – semoga semuanya dimudahkan oleh Allah SWT. Amiiin

Hal yang harus disiapkan :

· Buat Passport untuk Istri dan Anak.
o Untuk Kawasan Saudi Arabia ada aturan bahwa nama yg tercantum di Passport harus lebih dari atau sama dengan 3 suku kata. Jika ada yg kurang dari 3 suku kata, maka nama Bin/Binti harus disertakan pada saat pembuatan Passport.
o Sekedar mengingatkan harap berhati-hati dalam membuat Passport, Pengalaman Istri saya – pada saat pembuatan Passport, sudah diisi dengan 3 Kata di form pengisiannya, tetapi di Passport tetap di tulis 2 Kata – kayaknya sih ada unsur KESENGAJAAN dilakukan oleh pihak Imigrasi agar ada tambahan uang sampingan untuk merubah/merevisi passport. Saya berani mengatakan hal ini karena dialami istri saya dan beberapa teman yang juga membawa keluarga ke KSA.Sebaiknya membuat passport di kantor imigrasi CILEGON karena biayanya relative lebih murah ketimbang SERANG.
o Pembuatan passport per orang Rp. 275.000,- (Ktr. Imigrasi Merak-Banten) Kalo di serang Rp. 750.00 à Karena pada saat itu ada revisi passport (Nama < 3 Kata, spt yg disebutkan di atas) mereka meminta tambahan s/d Rp. 50.000 L di Ktr. Imigrasi Merak-Banten Kalo di serang Rp.150.00
o Kirim SCAN-an passport (Istri dan Anka) ke Email kita.
· Translate Dokumen ke B. Arab (Ijazah Suami yang terakhir, Surat Nikah dan Akte Kelahiran Anak)
o Proses translation/penerjemahan bisa minta Bantuan Pa Hendry Karmi / Herotama (Telp. 062-8158042093 , Email : hendrykarmi@gmail.com )
o Biaya per dokumen ± Rp. 400.000,-. Pada saat itu total untuk translate dokumen saya (Ijazah saya, Surat Nikah dan Akte Kelahiran 1 org anak) Rp. 1.182.000,-. Uang di transfer oleh Istri langsung ke No Rek. Pa Hendry.
o Dokumen yg di translate seharusnya yg asli, tapi krn pada saat itu dokumen saya ada di Saudi, dokumen bisa di SCAN dan dikirim lewat email Pa Hendry pokoknya via beliau dijamin lancar dan aman insya Allah.

· Kirim dokumen hasil translate diatas, ke kita (KSA) untuk kemudian di urus ke HR.
o Saya minta bantuan Pa Hendry lagi untuk menitipkan Dok. Hasil translate-an ke temen2 yg mau berangkat ke SAUDI atau bisa dikirim via kurir yang biayanya sekitar .Rp. 500.000.-dan waktu pengiriman 3 hari
· Beli VISA (Bagi yang non-Family status). Price SR. 2.000,-.
o Pembayaran VISA bisa dilakukan di Bank Al-Rajhi atau Riyadh Bank.

· Lengkapi semua dokumen kemudian berikan ke HR Bagian Government (untuk di SaudiKayan : Mr Kholid) untuk mendapatkan YELLOW SLIP.

Dokumen yang harus disiapkan untuk ke HR adalah sbb :
§ 3 Lembar dokumen dari Saudi Kayan, diisi dg B. Arab (Saya minta bantuan ke org Arab—yg bisa B. Arab tentunya…heheheee). Dokumen tsb di ACC oleh Manager.

§ Ijazah terakhir + Translate-an à Copy and Original
§ Surat Nikah + Translate-an à Copy and Original
§ Akte kelahiran anak + Translate-an à Copy and Original
§ IQAMA à Copy and Original
§ Passport (Semua, termasuk Istri dan Anak) à Copy only
§ Slip gaji terakhir, bisa di print dr Intranet Saudikayan -> Employee Self Service à Original Only
§ Surat Keterangan gaji dalam B. Arab, Surat ini bisa di dapat di Automatic Mechine. Jika printout belum bisa dalam B.Arab, minta di Update dulu data kita ke Org di HR (Sultan) à Original Only
§ Bukti pembayaran VISA à Original Only
ü PERLU DI INGAT !!!, sebelum di berikan ke Org Bag. HR Gov, sebaiknya semua data/dokumen di SCAN dan disimpan, untuk jaga-jaga jika dokumen hilang atau hal-hal yg tidak diinginkan lainnya.
ü Jika dokumen tsb diatas komplit dan ga ada masalah serta langsung di urusin (maksdunya langsung di bawa ke Dammam), Yellow Slip VISA bisa didapat dalam waktu < 24 Jam. Klo ga diurusin, bisa nyampe lebih dari 1 bulan. .. heheheheeee
· Beli TIKET pesawat. Lebih murah membeli Tiket di KSA dibandingkan dengan membeli di Indonesia. Lalu kirim SCAN-an Tiket ke Pa Hendry
· Siapin Rumah, sebaiknya jauh-jauh hari, karena susah banget dapetin rumah yg sesuai.
· Kirim semua dokumen Indonesia (ke Pa Hendri ) :
o Dari KSA (Kita) :
§ Ijazah terakhir à Original
§ Surat Nikah à Original
§ Akte kelahiran anak à Original
§ IQAMA à Copy
§ Passport (kita) à Copy
§ YELLOW SLIP VISA à Original
o Dari Indonesia (Istri+Anak) :
§ Passport (Istri+Anak) à Original
§ Photo 4 x 6 (Istri+Anak), ukuran wajah 70%, sebanyak @ 5 Lembar
§ Surat keterangan Imunisasi Komplit (Anak) à Original
§ Kartu Keluarga à Original
§ Surat keterangan sehat (Istri), bisa sendiri di Jakarta di tempat pada saat kita medical itu atau diurusin sama Pa Hendry. Biaya Rp. 375.000,-.
· Siapin Uang untuk perjalanan Istri+Anak dari INA ke KSA.
o Biaya Fiskal di Airport Rp. 1.000.000,-. (Hanya Istri) tapi karena saya punya NPWP so gratis walau harus adu otot dulu ama petugasnya. karena minta foto copy surat nikah dll.
o Biaya pengurusan VISA di Indonesia ± Rp. 500.000,-/orang.
o Pajak penerbangan Rp. 200.000,-/orang
oKalo semuanya sudah ok...tinggal nyiapin duit buang ongkos ngejemput istri dan anak· Tunggu Istri+Anak tercinta kita di AIRPORT (Jika tidak menjemput langsung ke Indonesia). Jangan lupa bawa IQAMA!!!
Semoga Allah memudahkan jalan kita. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini