Kamis, 17 Maret 2011

Obrolan warung kopi....

Seperti biasa...untuk mengisi saat membosankan di ruang kontrol, saya ngobrol dengan beberapa orang anak arab saudi. obrolan yang santai dan biasanya bermula dari saling bertukar kosakata antara arab-indonesia. obrolan ngawur ngidul itu terhenti saat mereka menanyakan tentang "SIHIR" di indonesia yang menurut mereka sangat subur di negeri ini. Pikiran saya melayang jauh (ciyeee) disaat saya pertama kali menginjakan kaki di saudi dan ngobrol dengan imam mesjid di kawasan al-bahar. beliau juga menanyakan pertanyaan yg sama tentang sihir. dan juga obrolan saya dengan seorang muttawa di mesjid sekitar Al-Arifi.
Karena tergelitik dengan deretan pertanyaan yang sama dengan nara sumber yang berbeda-beda. maka saya mulai menggali pertanyaan yg lebih dalam dengan anak-anak arab yang nota bene memiliki hubungan yg lebih akrab dan berharab mendapat jawaban yang sedikit memuaskan dari mereka. karena jawaban yang saya dapat selama ini selalu tidak mudah untuk diterima.
Dan inilah cuplikan obrolannya yang sudah di sadur kedalam bahasa indonesia untuk memudahkan para pembacanya (ngeles soalnya lemah pada written test english...kwekwekwekk) :

Arab : Bagaimana dengan praktek sihir di indonesia.?
Saya : Sihir gimana maksudnya? maksud kamu itu sulap? sambil belaga bego...heheheeee
Arab : Praktek ilmu hitam yang bisa membuat orang sakit dari jarak jauh..
Saya : yang kamu maksud itu voodoo... bukannya itu banyak di afrika? masih pasang tampang bloon...
Arab : yaa yang semacam itulah...
Saya : Dari mana kamu dapat cerita seperti itu? dari internet atau dari TV? jangan mudah percaya sama perkataan dua media tersebut... kamu harus teliti dulu kebenarannya..
Arab : ini kita simpulkan karena banyak para pembantu rumah tangga indonesia yang memperaktekannya di arab saudi. dan itu menimpa salah satu kerabat saya...
Saya langsung merasa terpojok dan terdiam sejenak karena saya merasa selama ini hanya cerita ini hanya isapan jempol belaka... dan kembali saya bertanya lebih dalam.
Saya : memperaktekan seperti apa? kan sihir itu sulit di buktikan?
Arab : iya...keluarga saya juga tidak percaya kalo kita sendiri tidak membuktikannya. dan semua itu berawal dari salah seorang kerabat saya yang sakit mendadak. ketika ditanyakan kepada seorang muttawa (ulamanya saudi) dan mereka menyimpulkan ini adalah praktik sihir. tapi saat itu kita sekeluarga tidak tahu siapa pelakunya. sampai suatu saat salah seorang keponakan saya yg masih kecil masuk ke kamar pengasuhnya yg keluar membawa beberapa pakaian dalam kakeknya dari kamar si pembantu. dan setelah di check lebih dalam ternyata dari koper si pembantu dari indonesia itu ditemukan barang-barang majikan yang tak layak disimpan bila tidak ada maksud tertentu. dan akhirnya keluarga kami memulangkan pembantu itu ke Indonesia dan sekarang kami sekeluarga memilih pembantu dari Philpina, srilanka dan kapok sama orang indonesia..
Saya sambil sedikit mangap hanya bisa tertegun mendengar cerita tersebut...
Saya : saya hanya bisa bilang kalo yang namanya sihir ada di setiap negara termasuk di indonesia. dan kita menyebutnya TELUH. blablablaaaa
dari cerita ini ada beberapa pertanyaan yang muncul di pikiran saya yang harus saya jawab sebagai warga negara indonesia :
1. Sampai separah inikah praktik dukun di indonesia. hingga go internasional?
2. inikah alasan mengapa pembantu indonesia terkadang sangat di benci di arab saudi? atau ini yg menjadi salah satu penyebab, mengapa pembantu asal indonesia sering mendapat perlakuan kasar dari masyarakat lokal? padahal pembantu yg bekerja di arab bukan hanya dari RI aja...ada dari philipina, srilanka, india..
3. masih banyak pertanyaan lainnya...

Wallahu'alam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini