Selasa, 24 Juli 2012

Ngabuburit di kota Jubail KSA.





NGABUBURIT.... kata yang satu ini pasti tidak akan anda temukan di kamus besar bahasa indonesia. Atau jangan coba-coba menterjemahkannya ke dalam media google translate karena lagi-lagi anda tidak akan mendapatkan arti yang memuaskan.

Tapi kalo anda coba tanyakan sama masyarakat jawa barat dan sekitarnya dan saat ini udah mulai mulai Go-Nasional dan menjadi ikon salah satu produk rokok untuk menunggu saat-saat berbuka puasa.

Tapi setiap saya tanyakan arti kata NGABUBURIT dan sejuta jawab yang saya dapatkan, diantaranya?




1. NGABUBURIT : NGABUBUR BERIT (Jawaban dari orang yang stress)

2. NGABUBURIT : NGAjak kamu BUru BUru meRIT (Jawabannya si raja gombal)

3. NGABUBURIT : "NGAlantung ngadagoan BURIT"




Dan kayaknya arti yang ke 3 yang nyaris bener karena sesuai dengan tata bahasa sunda yang telah di sempurnakan, berasal dari dasar kata BURIT namun dengan penambahan awalan Nga dan proses redupklikasi dwipurwa (pengulangan kata imbuhan pertama) kata tersebut menjadi NGABUBURIT. Bagi kalangan orang sunda sudah barang tentu mengenal jargon ngabuburit, hal itu tak lain karena kata ngabuburit pada awalnya berasal dari bahasa sunda yang mempunyai arti awal “senja/sore”




Hadeeh.....jadi ngelantur kemana-mana. Apapun itu acara menunggu waktu senja memiliki sejuta kegiatan yang biasanya identik dengan menyiapkan segala panganan untuk berbuka puasa. Kalo di indonesia bisa dengan mudah menemukan tempat yang asyik untuk hunting makanan di saat ngabuburit. dan di jubail sekarang juga dah mulai merebak aktivitas ngabuburit dan belum bisa dipastikan siapa yang memulai tradisi di jubail. apakah orang sunda juga berinfasi ke saudi. belum ada riset yang membuktikan hal ini.




Tapi jangan disamakan kondisi ngabuburit di saudi dengan yang ada di indonesia. yang jelas variasi masakannya di indonesia lebih banyak dari pada yang ada di jubail. dan ini jenis masakan yang banyak di jumpai di jubail pada saat ramadhan:

1. Sambosa : cireng yang banyak di jumpai di kota jubail. dan memiliki varian rasa, dari rasa daging, vegetable dan keju.

2. Kunafa : semacam martabak manis yang isinya cream keju dan disiram dengan air gula.

3. Lumpia : ini hanya ada di warung philipina dan varian rasa ada yang isi pisang, daging ayam and daging sapi or vegetable.

4. Apem dan aneka roti : ini juga bisa di temukan di warung philipina.

5. yang lainnya adalah snack kecil-kecil khas india atau khas timu tengah lainnya.

6. Vimto : itu sejenis syrup yang berwarna hitam (blackberry ) dan nama minuman ini di ambil dari brand minuman tersebut.

7. Syrup manggo atau kiwi biasa dijajakan di outlet makanan penyedia ngabuburit.

8. Kalo es campur philipina isinya hampir sama kayak di indonesia cuma disini ditambahin sama pisang rebus di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini