Selasa, 24 Juli 2012

Ramadhan di 50 derajat celcius

Syukur Alhamdulillah... sampai saat ini masih diberikan begitu banyak nikmat yang tak ada satu mahluk yang sanggup menghitungnya. salah satunya adalah nikmat Iman dan Islam serta nikmat masih diberi kesempatan untuk berjumpa dengan bulan penuh berkah, bulan dimana diturunkannya Al Quran, bulan penuh pengampunan. 
Sejak kecil terbiasa hidup dengan hingar bingar ramadhan di negeri sendiri, mulai dari yang namanya jalan pagi pasca sholat subuh sampe yang namanya NGABUBURIT alias surfing nyari panganan untuk berbuka puasa. Dan hal ini menjadikan Indonesia sebagai "Syurga kuliner" dalam pndangan warga indonesia yang merantau ke negeri orang wabil khusus mereka yang mengais rejeki di jazirah arab demi segenggam emas dan sebongkah berlian.
Apalagi pada tahun ini.... kita harus lebih sabar menjalankan puasa di negeri orang karena harus menjalani puasa dengan kerasnya kondisi alam. Panasnya terik matahari dan panjangnya waktu siang hari selama bulan ramadhan. 
Dan saya coba membandingkan dari berbagai aspek, diantaranya:


Temperatur.


Di indonesia kita menjalankan puasa dengan panas di siang hari maksimum temperatur berkisar antara 38 derajat celcius dan itupun sudah sering mendapat komplain karena sudah terasa sangat PUANAS. Dan saat ngabuburit langsung menyambar Es Bonteng Suri hanya untuk melepas dahaga yang cukup membuat tenggorokan kering. 
Nah kalo di Saudi Arabia, Kita menjalankan ibadah puasa dengan temperatur di siang hari berkisar 45 derajat celcius bahkan untuk tahun ini bisa mencapai 50 derajat celcius kalo dalam bahasa sehari-hari di indonesia temperaturenya dah setengah mateng (udah bisa dipake buat bikin telor mata sapi di lantai teras rumah anda) belum lagi kalo di serbu sama humidity yang terkadang bikin tubuh bak sauna gratis walau hanya beranjak dari rumah ke mesjid. Bahkan untuk wudhu di siang hari temperatur airnya bisa di pake buat bikin wedang jahe (hangat...hangat...hangat)


Waktu siang hari.


Di Indonesia kita berpuasa mulai dari Jam 05:00 am s/d 06:00 pm dan kalo di total sekitar 13 jam. itu untuk 
Dan malam harinya sholat isya mulai jam 07:30 pm dan selesai maksimal jam 09:00 pm. itu udah mencakup sholat tarawih dan witir plus kultum. dan akan bangun lagi sekitar jam 03:00 atau maksimal jam 04:00 pagi artinya malam hari masih memiliki sekitar 6 s/d 7 jam waktu istirahat.
Kalo di Saudi...Waktu puasa di mulai dari pukul 03:30 am dan berakhir pukul 06:30 pm artinya total puasanya sekitar 15 jam. 
Dan waktu malamnya sholat isya di mulai pukul 08:30 pm dan berakhir sekitar jam 10:00 pm dan harus bangun lagi pada pukul 02:00 or maksimal jam 03:00 pagi artinya total waktu istirahat malam cuma 4 jam. Itu kalo di 20 malam awal ramadhan. 
Kalo di sepuluh hari akhir Ramadhan... Sholat tarawih di bagi 2 bagian. 4 rokaat di lakukan setelah sholat isya dan 4 rokaat berikutnya di lakukan setelah lewat jam 12:00 malam. Artinya waktu tidur anda cuma berkisar 1 s/d 2 jam saja.


Kuliner


Kalo aspek yang satu ini cuma curhatnya penulis aja...ga usah di ambil hati. huehehehee
Kalo di indonesia... untuk iftar bisa dengan mudah di dapat dan memiliki berbagai macam pilihan kuliner. Kalo dalam bahasa indonesianya " kalo lagi males masak bisa beli"
Kalo di saudi...untuk iftar harus bikin sendiri dan biasanya bahan bakunya pun sangat susah di dapat dan kalopun harus beli, pilihannya cuma ada SAMBOSA, VIMTO dan ES ALU ALU ala Pansitan restoran.


Walau demikian sebagai seorang muslim kita harus selalu bersyukur. karena dari sekian banyak perbandingan masih ada satu hal yang membuat kita betah dan tetap bertahan dengan segala beratnya kondisi alam. Dari Saudi....kita masih diberi kemudahan untuk dapat mengunjungi dua kota HARAM. MASJIDIL HARAM dan MASJID NABAWI. 


Semoga Allah SWT  selalu memberikan segala kemudahan dan keberkahan kepada kita semua dalam menjalankan ibadah puasa ini. baik buat yang berpuasa di Indonesia atau yang berpuasa di Indonesia. Dan semoga Allah SWT menerima amal ibadah puasa, qiyamul lail dan amal jariyah kita di bulah penuh berkah ini.


Aminnnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini