Jumat, 08 Maret 2013

Keistimewaan Hewan Unta hingga disebut dalam Al Quran

 أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ
”Maka tidakkah mereka memperhatikan unta, bagaimana diciptakan?(Q.S Al-Gasiyah 88: 17)

Unta (Genus Camelus) adalah hewan yang sangat istimewa. Ia adalah hewan yang sangat kuat hidup dalam suhu panas menyengat di siang hari, kemarau selama berbulan-bulan berturut-turut dan bahkan dingin membeku di malam hari. Semua ini adalah bagian dari lingkungan gurun. Sungguh suatu suasana yang sangat keras. Namun unta di ciptakan khusus untuk kondisi kering dan ia diciptakan untuk melayani manusia. Unta dapat di manfaatkan daging dan susunya, tetapi unta juga sebagai hewan tunggangan dan hewan pengangkut barang.

Jenis Unta ada dua yaitu (1) Unta berpunuk satu (Camelus Bactrianus). (2) Unta berpunuk dua ( Camelus Dromedarius). Dan yang menjadikan hewan ini istimewa adalah :


Tubuhnya
1. Struktur tubuhnya, yang tidak terpengaruh oleh kondisi alam paling keras sekalipun.
2. Tubuhnya memiliki beberapa keistimewaan, yang memungkinkan unta bertahan hidup selama 8 hari tanpa makan dan minum.
3. Tubuhnya mampu mengangkut beban ratusan kilogram selama berhari-hari.
4. Tubuhnya mampu meminimalkan kehilangan air dan mampu mengurangi suhu tubuh dalamnya hingga 30 C pada malam yang dingin di padang pasir.
5. Tubuhnya mampu mengkonsumsi air hingga 30 liter dalam waktu 10 menit.


Bulunya
1. Bulu tebalnya melindungi kulitnya sehingga tidak tertembus sinar matahari meski suhu setinggi 50 C.
2. Bulu tebalnya dapat menghangatkan tubuhnya. Unta berpunuk dua (Camelus Dromedarius) dapat hidup meski suhu serendah -50 C. Unta jenis ini juga mampu bertahan pada lembah dataran tinggi, 4.000 m di atas permukaan laut.


Hidungnya
1. Hidung unta dapat menutup sehingga pasir tidak dapat masuk.
2. Hidungnya memiliki stuktur selaput lendir 100 kali lebih besar dari manusia. Dengan selaput lendir yang besar dan melengkung, unta mampu menyerap 66% kelembaban yang ada di udara.


Matanya
Matanya memiliki dua lapisan bulu mata. Bulu mata ini saling kait seperti perangkap dan melindungi matanya dari badai pasir yang kuat (angin Tornado).

(Harun Yahya, Keajaiban Flora dan Fauna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini