Jumat, 31 Januari 2014

Biaya pengurusan paspor di KBRI Riyadh


Sekedar menyundul informasi majalah warta indonesia (sarana komunikasi masyarakat indonesia di arab saudi) tentang biaya pengurusan paspor di KBRI Riyadh. Berdasarkan surat keputusan Duta Besar RI untuk kerajaan Arab Saydi No. 036/KP/VII/2009 tanggal 31 Juli 2009 dan berlaku mulai tanggal 1 Agustus 2009 :

  1. Jenis paspor biasa 48 halaman (untuk WNI perorangan) biaya SAR. 100
  2. Jenis paspor biasa 24 halaman (untuk WNI perorangan) biaya SAR. 25
  3. Jenis paspor biasa 24 halaman (pengganti yang hilang akibat kelalaian dan masih berlaku ) biaya SAR. 50
  4. Jenis paspor biasa 48 halaman (pengganti yang hilang akibat kelalaian dan masih berlaku ) biaya SAR. 200 
  5. Jenis paspor biasa 24 halaman (pengganti yang hilang akibat bencana alam dan awak kapal yang tenggelam kapalnya dan masih berlaku ) biaya SAR. 25
  6. Jenis paspor biasa 48 halaman (pengganti yang hilang akibat bencana alam dan awak kapal yang tenggelam kapalnya dan masih berlaku ) biaya SAR. 
  • Semua pembayaran harus dilakukan melalui Bank Saudi Hollandi yang terletak di samping gedung KBRI Riyadh. 
  • Khusus pemberian surat perjalanan laksana paspor (SPLP) kepada WNI yang berada di karantina imigrasi (Tarhil), penampungan KBRI, Kantor urusan Urusan Ketenaga kerjaan Wanita (KUKW) dan penjara yang akan segera di pulangkan ke indonesia, DIBEBASKAN DARI BIAYA
Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi KBRI Riyadh pada saat jam kerja (08:00 s/d 16:00) di nomor 4882800 atau 4882131 pesawat 103 dan 104.

Tambahan dari penulis... untuk WNI yang bermukim di wilayah timur (Khobar, Dammam, Jubail dan sekitarnya) jangan kuatir karena biasanya Tim KBRI Riyadh melakukan kunjungan ke Propinsi Timur Arab Saudi (Dammam dan Al Khobar) dalam rangka melakukan akses konsuler ke penjara, pusat penahanan imigrasi dan tempat penampungan sosial di Dammam, Provinsi Timur, biasanya hal ini juga di barengi dengan kegiatan pelayanan konsuler tertentu termasuk perpanjangan paspor Indonesia, pendaftaran kewarganegaraan Indonesia, legalisasi, konsultasi, dll,Dan biaya pengurusan perpanjangan paspor sama dengan yang tertulis diatas.

Dan biasanya buat yang "super sibuk" dan tidak mau repot ngurus ke khobar atau riyadh maka biasanya menggunakan jasa agen pengurusan passport. Dan pastinya harga tidak sama dengan harga di atas...karena menyangkut pihak ketiga :)

52 komentar:

  1. Pk saya tinggal di jubail.akan perpanjang paspor sekarang ini di mana dan kapan kita bisa urus pk .mohon infonya pk

    BalasHapus
    Balasan
    1. InshaaAllah untuk kawasan timur akan diadakan jadwal pelayanan KBRI pada:

      1 - 3 April 2016 di Dammam/khobar
      15 - 17 April 2016 di Jubail

      Hapus
  2. Sebelumnya makasih banyak masfabian.infin detailnya kobar damamnya tudimana.nb.kalo lewat jasa pengurusan yg di jubail itu dimana mas fabian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Detail tempat belum di tentukan. Biasanya di rumah makan nusantara atau hotel janadriyah.

      Untuk agen pengurusan passport di jubail saat ini tidak melayani karena di blockir sama KBRI karena biaya yg mereka bebankan terlalu tinggi

      Untuk lebih mudah informasi.. bisa contact no hp saya 0534404798

      Hapus
    2. Detail tempat belum di tentukan. Biasanya di rumah makan nusantara atau hotel janadriyah.

      Untuk agen pengurusan passport di jubail saat ini tidak melayani karena di blockir sama KBRI karena biaya yg mereka bebankan terlalu tinggi

      Untuk lebih mudah informasi.. bisa contact no hp saya 0534404798

      Hapus
  3. Pa fabian mohon info jelasnya waktu dan tempat?

    BalasHapus
  4. ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAH WABARAKATUH,,,
    MAAF PAK NUMPANG NANYA, KAPAN JADWAL KBRI RIYADH BERKUNJUNG KE DAMMAM BULAN MEI 2016 INI?
    MOHON BANTUANNYA PAK...
    MAKASI SEBELUMNYA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alaikum salam

      kalo ga ada halangan inshaaAllah tgl 11-13 mei dammam

      Hapus
  5. Mau nanya di butuhkn apa aja buat perpanjang paspor mohon infonya

    BalasHapus
  6. 3 lembar photo 4x6
    foto copy iqamah
    foto copy ID majikan bila sponsornya perorangan
    biaya SAR 40 untuk 3 tahun
    biaya SAR 110 untuk yang 5 tahun

    BalasHapus
  7. Ass..mhon infonya untk perpanjangan pasport diwilyh dammam.

    BalasHapus
  8. Asalamualaikum
    Mohon infonya apa syarat syaratnya cara membuat pasport baru di kernakan hilang.

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum , mohon infonya untuk syarat bikin passport baru bayi baru lahir di Saudi , terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah saya tulis di blog ini cara-caranya

      Hapus
  10. Assalamualaikum..mas fabian...
    Kpn paspor yg akan habis bs diperpanjang?
    Trumakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6 bulan sebelum waktu habis (expired)

      Hapus
  11. Pak. Untuk perpanjangan paspor di dammam tanggal berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. minggu ini pak...tgl 26-27 agustus

      Hapus
    2. Di restaurant nusantara dammam kan ya pak tempatnya

      Hapus
  12. Pak. Untuk perpanjangan paspor di dammam tanggal berapa ya?

    BalasHapus
  13. Maaf pak info untuk wilayah hail ada gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wilayah Hail digabung sama wilayah Gasim...
      Tapi dari jadwal yang saya terima untuk tahun ini terakhir tanggal 12-14 Agustus 2016.
      jadwal untuk 2017 belum nerima dari KBRI

      Hapus
    2. Pa benar gak bila paspor di perpanjang di saudi, ntar ga bisa balik lagi ke saudi padahal saya mau cuti. .

      Hapus
    3. Passport saya dan keluarga sudah pernahh diperpanjang di indo dan di riyadh. Alhamdulillah dua-duanya ga bermasalah

      Hapus
  14. 1tahun lagi paspor bisa di perpanjang ga pa

    BalasHapus
  15. 1tahun lagi paspor bisa di perpanjang ga pa

    BalasHapus
  16. Pak Saya mau ganti ke 48halaman tapi masih ada sekitar 1tahun lagi bisa gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pak....
      mau ganti di mana? di indo atau di riyadh?

      Hapus
    2. Di riyadh ajh, tpi bisa gak sekalian perpanjang

      Hapus
  17. bisa mas..tapi sebaiknya sebelum pergi ke riyadh.
    bikin appoinment dulu

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum bpk fabian aku tinggal di dammam mau memperpanjang pasport kira kira kapan dan dimana ... aku pasport mati setahun aku sudah bilang sama majikan ... tapi katanya nanti di urus nyatanya belum beres .... jadi apa saja syarat syarat nya ... terimakasih bapak fabian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau passport sudah expired sebaiknya hubungi staff KBRI....
      biar lebih jelah prosesnya

      Hapus
    2. Asalamu'alaikum saya mau nanya saya sudah 10 taun di saudi paspor saya gk di perpanjang sama majikan saya saya minta pulang tiap tahun alasan nya gk punya uang buat bikin paspor sekarang paspor saya kadarluasa

      Hapus
    3. secepatnya hubungi pihak KBRI RIyadh biar segala persoalaan bisa segera diselesaikan

      Hapus
  19. Assalamualaikum bpk fabian aku tinggal di dammam mau memperpanjang pasport kira kira kapan dan dimana ... aku pasport mati setahun aku sudah bilang sama majikan ... tapi katanya nanti di urus nyatanya belum beres .... jadi apa saja syarat syarat nya ... terimakasih bapak fabian

    BalasHapus
  20. Pak paspor yg di perpanjang di saudi apa benar gak bisa di pake berangkat lagi k saudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya dan keluarga memperpanjang passport di saudi ga ada masalah pak....

      Hapus
  21. Pak. Untuk perpanjangan paspor di dammam tanggal berapa ya dan di mana Saya bisa datangnya, masa berlaku Passport Saya sampai Januari 2016. Ada yang bisa dihubungi nomor telpon nggak pak mengenai pengurusan passpor. Sebelumnya Saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
  22. Mohon infonya pak, Saya mau memperpanjangan passport dan wilayah tempat tinggal Saya di Dammam - Seiko. Di mana Saya harus datang dan apakah ada nomor hp yang bisa Saya hubungi ? masa berlaku passport Saya sampai januari 2017. Mohon bantuanya pak dan terima kasih banyak sebelumnya atas bantuan bapak

    BalasHapus
  23. Sukarman Lukman19 Oktober 2016 12.58

    askum.....
    pak mau tanya kalau perpanjang pasport d riyadh itu apa aja persyaratanya?....
    coz pasport saya kurang 3bulan habis (exprt)

    BalasHapus
  24. Mohon infonya pak. Saya sekarang sedang cuti di Indonesia. Jika saya perpanjang passport di Indonesia, apakah bisa masuk ke arab saudi dgn passport yg baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa....
      Asal passport lama tetap dibawa saat balik ke saudi arabia

      Hapus
  25. Mohon infonya pak, teman saya kerja di saudi dan ini mau pulang. Tp krn iqomahnya ramadhan bsk expired jd ini dperpanjang dg posisi ganti majikan. Kira2 butuh brp hr pak utk perpanjang iqomah dg kasus spti itu ? Soale dr pihak ortu d indo sdh terlalu khawatir, dr kepulangan hrse bln maret sampe skrg blm pulang2. Dg alasan de majikannya iqomahnya blm jd. Jd blm bs beli tiket pulang. Dan paspornya msh dbawa oleh majikannya. Trimakasih pak .. ditunggu infonya..

    BalasHapus
  26. Kalo memperpanjang iqama saja tanpa tranfer kafil biasanya butuh waktu 3 hari kerja. tapi dua bulan lalu sepertinya ada masalah dengan kartu (limited edition alias kekurangan stock) tapi sekarang kayaknya sudah normal kembali.

    untuk ngecek status iqama... sebaiknya check di website https://www.moi.gov.sa

    BalasHapus
  27. Pak Fabian,
    Saya pakai VISA 180 hari kerja di Saudi (al Khobar), passport saya mo habis 6 bulannya. bisa di perpanjang di Saudi kan..? saya kerja ON3bulan OFF 1 bulan,.. kalo nunggu OFF dah lebih 6 bulan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. perpanjang passport bisa dilakukan di saudi....
      kalo nunggu kedatangan KBRI biasanya jadi seminggu atau dua minggu,,,,
      kalo langsung ke riyadh bisa jadi hari itu juga

      Hapus
  28. Mas Fabian, untuk akhir tahun ini kapan jadwal KBRI akan ke Dammam Alkhobar..? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadwal rencana kedatangan KBRI 22-23 September

      Hapus
    2. Pak Fabian,
      untuk perpanjangan passport apakah hanya applicable untuk Iqomah holder saja ..? atau bisa untuk visa kerja juga..?

      Hapus
    3. sepertinya bisa selama passport asli ada pada kita

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini