Rabu, 17 Desember 2014

Cara menghapus SPAM "Gadis Mabuk setelah Pesta"



Beberapa minggu ini dunia per-facebook-an di hebohkan dengan postingan  dengan gambar cuplikan adegan video vulgar. Tautan video yang cukup menggoda tuk mengintip isi dari tautan tersebut. Entah dengan alasan penasaran melihat konten tautannya atau sekedar ingin tau kenapa orang yang saya kenal alim masih mau nge-share konten macam itu dan masih banyak alasan lainnya. Pkoknya risih dah ngeliat nama kita di catut tuk konten yang sangat ngga diharapkan muncul di wall facebook kita.

Hasil terawangan saya di dunia mbah google, modus operandinya adalah video dengan judul Gadis Mabuk Setelah Pesta, Santri Mabuk Berat Setelah Pesta  dan Bukan menolong justru memanfaatkan wanita mabuk ini dengan preview gambar video, seakan dari YouTube, yang menunjukkan seorang gadis mabuk dalam pose vulgar. Sayangnya jika URL (alamat) video itu diklik, kita nantinya akan diarahkan ke sebuah website. Jangan harap Anda akan dapat menemukan video tersebut di situ, yang apesnya lagi pada saat kita nge-klik maka muncul justru iklan pop-up dan postingan tersebut akan menyebar di akun beserta teman Facebook pengguna (seolah-olah anda sedang nge-share tautan tersebut dengan nge-tag nama-nama teman anda)


Ibarat udah jatuh tertimpa tangga besi maka jika iklan pop-up itu diklik, spammer juga bisa memanfaatkannya untuk mendongkrak trafik web mereka dengan tujuan untuk menarik untung dari iklan (modusnya beda sama saya…kalo saya memanfaatkan isu berita ini buat naikin rating blog dan berharap ada yang ngklik iklan) hueheeheheheehee

Kalo tadi ibarat udah jatuh tertimpa tangga maka kali ini jatuhnya di lumpur karena ada modus lainnya, URL tersebut disusupi malware yang dapat menginfeksi komputer korban. Selanjutnya peretas dengan mudah dapat mengakses informasi pribadi yang ada di komputer korban, termasuk data finansial.

Dari pihak Facebook sendiri pada  dasarnya sudah mengimbau agar pengguna internet mewaspadai penipuan video vulgar tersebut. Pasalnya, scammer sering mendompleng berita atau video vulgar untuk menarik pengguna.

Jika malware yang menyamar jadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting malware 'gadis mabuk' di wall Facebook.
Untukmenghapusnya, Anda dapat klik 'Laporkan/Hapus Tanda' pada postingan tersebut seperti gambar di bawah ini:


langkah 1.





langkah 2.


Langkah 3.



Namun, Jika anda sudah menjadi korban, saya menyarankan untuk melakukan langkah-langkah ini:

1. Buka peramban browser Anda (misal Mozilla Firefox).
2. Akses Tools -> Add-ons -> Ekstensi.
3. Setelah Anda menuju ke halaman ekstensi, tinjau daftar plug-in dan menghapus apapun yang terlihat mencurigakan di sana.
4. Klik gambar tempat sampah di sebelah kanan dan klik tombol Hapus pada kotak 'Konfirmasi Penghapusan'.
5. Restart browser Anda

Setelah menjalankan langkah-langkah di atas, disarankan bagi para 'korban' untuk segera mengganti password akun Facebook. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini