Selasa, 12 Mei 2015

Contoh cover letter bahasa inggris

Kali ini ana mau ngebahas beberapa kesulitan saat membuat surat lamaran dalam Bahasa Inggris. Kalo dalam edisi sebelumnya ana sudah menuliskan contoh membuat Curriculum vitae yang berbahasa inggris. maka saat ini saya coba mau berbagi ilmu tentang bagaimana menulis Cover Letter dalam bahasa inggris.

Jujur...sejujur-jujur kacang ijo, ana nulis ini bukan pengen show-up atawa merasa paling gimana gitu. tapi karena banyaknya permintaan pemirsa melalui akun sosmed (Jiaaaaaaaahhhh pengen muntah ngedengernya). kalo ini serius, based on the true story! ana nulis artikel ini dilatarbelakangi ketidak tahuan ane tentang "Cover Letter". Awalnya saat lagi sibuk apply lamaran pekerjaan di salah satu perushaan swasta luar negeri. Syarat- syarat yang harus di lampirkan adalah:
  1. CV
  2. Educational Certificate
  3. Cover letter
  4. Employment Certificate
  5. Passport Copy
  6. Reference
Dan dari sekian syarat, ada yang udah familiar sama telinga ana. kayak contohnya CV, Educational certificate, employment certificate, passport copy. tapi untuk Cover letter dan reference masih agak asing. pertama kali ngedenger kata "Cover Letter" yang pertama kali melintas di pikiran ana tuh "amplop"....maklum aja soalnya guru bahasa ingrisnya Mr Tukul. jadi ngeterjemahin "Cover Letter" ntu adalah Cover = Pembungkus dan Letter = Surat....so Cover letter = pembungkus surat alias amplop atau map.

Udah ahhh...koq jadi ngawur gini. pokoknya salah satu syarat yang harus disampaikan adalah Cover letter. dan tanya punya tanya sambil sesekali searching in mbah google, akhirnya ana dapetin contoh cover letter. Tapi sebelum ana tampilin contohnya maka ana harus ngejelasin sedikit tentang perbedaan antara cover letter dan CV.

Curriculum vitae

CV kalo diartikan dalam kamus gaul bahasa indonesia sebagai daftar riwayat hidup yang biasanya berisi tentang:

  1. Data Pribadi
  2. Objektivitas
  3. Pendidikan (formal dan non formal) – Biasanya mulai SMA.
  4. Pengalaman Kerja
  5. Skill yang dimiliki
  6. Penghargaan/award/beasiswa yang diterima
  7. Pengalaman organisasi/voluntary works
  8. Penghargaan atau Reward (Tuliskan yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar)
  9. Prestasi Akademik (gelar dan prestasi akademik yang diraih sertakan juga judul skripsi/thesis/disertasi).

CV biasanya isinya lebih komplet dan detail karena CV bertujuan untuk memperkenalkan / menunjukkan kemampuan pelamar, walaupun belum pernah bertemu secara langsung dengan pimpinan organisasi/perusahaan yang dilamar. dan bagi Pimpinan perusahaan bisa mempermudah mengetahui kemampuan pelamar, tanpa harus bertemu dengan yang bersangkutan

mau ngeliat contoh CV silahkan klik link: contoh curriculum vitae


 COVER LETTER

Cover letter kalo diartikan dalam kamus gaul bahasa indonesia sebagai surat lamaran kerja yang biasanya berisi tentang:


  1. Paragraph Isi: Alasan Utama dan Positiv kenapa perusahaan harus memilih kita keuanggulan dan kepribadian positif dalam diri kita.
  2. Paragraph pembuka: Darimana kita tahu info lowongan pekerjaan dan alasan mengapa tertarik
  3. Paragraph Penutup: Ucapan terimakasih, berkas apa saja yang disertakan dan harapan untuk di interview (kontak harus disertakan, misalnya email dan hp).
  4. Menuliskan tujuan surat lamaran (lebih utama disebutkan nama, jika tidak tahu bisa dituliskan misalnya: Yth. Manager HRD)
  5. Antusiasme terhadap pekerjaan dan perusahaan yang menwarkan pekerjaan.
  6. Nyatakan bahwa anda berbeda dengan pelamar lain / memiliki nilai lebih.
  7. Spesifik posisi apa yang akan anda lamar, disertai pengalaman dan keahlian yang dimiliki
  8. Surat pengantar, singkat, jelas, tdk lebih dari 1 halaman













    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar anda di sini