Sabtu, 08 Agustus 2015

PROSES PINDAH SEKOLAH DARI LUAR NEGERI KE INDONESIA

Kisah seorang teman yang bernama bapak Agung Wibowo yang mau saya ikut sharing karena info semacam ini saya anggap sangat berharga sekali buat para TKI yang ingin memboyong kembali para family ke bumi pertiwi. biar ga menunggu begitu lama.... mari kita ikuti penuturannya, begini kisahnya:

Bagi temen-temen yg mau mindahin sekolah anak kembali ke Indonesia, disini saya mau berbagi pengalaman saya mindahin tiga anak saya beberapa waktu yg lalu.

PINDAH SEKOLAH DARI LUAR NEGERI ( International School ) Ke INDONESIA:

I. Mengurus surat keterangan dari KBRI, dengan membawa fotocopy :
    - Leaving Certificate dari sekolah
    - Raport terakhir
    - Passport Anak dan Orang tua
    - Surat Permohonan pindah anak, kira-kira contohnya seperti ini :


         Permohonan Surat Pindah Sekolah Anak


Jubail, 16 Juni 2015

Kepada yth.;
Atase Pendidikan
KBRI Riyadh


Dengan hormat:

Bersama ini kami memohon Surat Pindah Sekolah Anak dengan data sebagai berikut:


Nama anak                                                      :
Tempat/tanggal lahir                                        :
Nama orangtua                                                :
Pekerjaan                                                        :
Alamat di Saudi Arabia                                      :

Tingkat pendidikan anak di Saudi                   :
Berencana akan meneruskan sekolah di tingkat/kelas di Indonesia di kelas:              
Tanggal akan meninggalkan Saudi ( negara asal ):
Sudah/Belum mempunyai sekolah tujuan dengan nama dan alamat sebeagi berikut: …………………………….


Demikan kami sampaikan
Hormat kami,



II. Setelah mendapatkan Surat Keterangan dari KBRI, register di websitenya KEMENDIKBUD

    http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/
 
Caranya :
  1. Klik pada " Penyaluran Siswa" bagi yang naik kelas dan "Penyetaraan Ijazah" bagi yg sudah lulus.
  2. Log in"  bagi yg sudah mendaftar jika belum klik " Daftar" kemudian isi alamat e-mail dan Password lalu confirmasi dari e-mail.
  3. Isi form data anak.
  4. Upload dokumen satu persatu, jadi misalnya mau upload Raport, pilih filenya kemudian klik upload, setelah ter upload baru upload dokumen berikutnya. 
  5. Setelah upload sukses, kita akan mendapatkan "Bukti Pendaftaran Pengajuan", di print out untuk dibawa ke KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.
  6. Bawa dokumen asli ke KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN yang beralamat di : Sekretariat e-Layanan Pendidikan Dasar, Komplek KEMDIKBUD Gedung E Lantai 14, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan Jakarta, untuk diverifikasi. 
Proses verifikasi cuma butuh waktu sebentar, cuma lokasi di gedung itu nyempil, jadi naik ke lantai 14 dari lift belok kanan di depan ada "information desk" ga usah nanya ke situ karena ga ada yg nunggu hehehhee....atau waktu itu terlalu pagi datangnya ya? dari situ belok kiri diujung ada " Koperasi Karyawan" kalau sudah sampai didepan Koperasi Karyawan " Hadap Kanan" ada pintu masuk, ketuk pintu kalau ga ada yg bukain nyelonong aja ke dalam soalnya pas waktu itu sepi banget ( merasa dicuekin juga sih ) , disitu ada ruang tamu nah disebelah ruang tamu banyak cubicle datangin saja salah satu dan tanya kalau untuk verifikasi dimana. Kalau sudah nemu orangnya tunjukan dokumen asli dan Surat Bukti Pendaftaran, habis gitu kita mendapat "Surat Keterangan dari KEMDIKBUD" yg menerangkan bahwa anak bisa melanjutkan sekolah di jenjang yg telah disebutkan.


III. Datang ke Sekolah yg dituju untuk mendapatkan surat Formasi Kelas.

Note : Proses ini lebih baik dilakukan sebelum registrasi ke KEMDIKBUD agar mendapat kepastian sekolah yg dituju karena di surat dari KEMDIKBUD disebutkan nama daerah dari sekolah yg dituju, walau mungkin sekolah belum mengeluarkan Surat Formasi Kelas setidaknya kita sudah tahu bahwa sekolah akan menerima.


IV. Pengajuan Mutasi ke Diknas setempat.

Membawa : Surat Formasi kelas, Surat Keterangan dari KEMDIKBUD dan Raport, ( ini yg wajib, mungkin di daerah lain ada tambahan seperti surat keterangan kelakuan baik atau bebas Narkoba ). Prosesnya bisa 3 hari kerja.

Setelah mendapatkan Surat keterangan dari DIKNAS bawa surat itu ke sekolah, dari sini sekolah bisa check "Nomer Induk Siswa Nasional".

Demikian perjuangan pindah sekolah alias berburu "Nomer Induk Siswa Nasional/NISN", kalau tidak mendapatkan NISN tidak bisa ikut ujian Nasional.

Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca.



Sumber: Bapak Agung

24 komentar:

  1. Terima kasih atas informai. Saya mau tanya, anak saya kelas 3 SD di India. mau pindha sekolah ke Indonesia. Tapi belum daftar sekolah di Indonesia. Langkah mana saja yg aharus saya lakukan setibanya di Indonesia? ke kedikbud Jakarta belum dapat sekolah, nggak masalah kah ?

    BalasHapus
  2. Kalau dari pengalaman temens yang pada pindahin anaknya ke indo.... kalau baru kelas 3 tidak terlalu susah. karena perbedaan kurikulum belum terlalu berbeda...yang sulit kalau sudah SMP atau SMA.
    Coba aja langsung menghubungi sekolah yang akan dituju di indonesia. kalo bisa minta bantuan saudara untuk mengumpulkan informasi yang selengkap-lengkapnya tentang berkas yang harus disiapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  3. assalamualaikum. Anak saya akan pindah dari india ke Indonesia masuk kelas 11 sama dengan 2 sma. bagaimana cara agar mendapatkan kursi di sekolah negeri untuk pindahan dari LN. Apakah mereka tidak mendapatkan prioritas masuk sekolah yang dituju ?, walaupun mendapatkan percentage yang bagus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alaikum salam mba tanti

      untuk mendapatkan kursi di indonesia memang agak pelik....mungkin prosesnya hampir sama kayak pemilu yg pada ngerebutin kursi tapi jalur normal yang biasa digunakan ialah dilakukan tes penempatan (Placement Test).Berdasarkan penempatan tersebut, Kepala Sekolah akan menentukan yang bersangkutan pada kelas sesuai dengan kemampuannya.... itu kalo jalur yg sesuai procedur

      Hapus
    2. Kasus saya mirip dengan ibbu Tanti.
      Bagaimana jika pihak sekolah memperlakukan sebagai siswa baru dan bukan siswa pindahan? Kebetulan anak saya pindah kelas 1 SMA di LN ke kelas 1 SMA di Indonesia tapi diperlakukan seperti anak lulusan kelas 3. Kepsek minta anak saya ikut daftar on-line dan ikut test masuk yang pasti tidak bisa dia luluskan. Karena materi matapelajarannya berbeda.
      terima kasih.

      salam,

      Hapus
  4. Assalamualaikum. Anak saya akan pindah dari filipina masuk ke kelas 11 ( 2 sma) tetapi masalahnya pindahnya di tengah semester, apakah jika ingin masuk ke sekolah negri tetap memakai tes atau hanya di lihat nilainya saja? terimakasih..

    BalasHapus
  5. seperti biasa mba...
    harus lewat test...

    BalasHapus
  6. Buat mba Bella dan mas Bayu, semua anak2 pindahan dari LN harus mengikuti test masuk, mungkin lebih baik pindah di kelas 11 daripada 10, chance nya lebih baik. Kalau di sma yg dituju ada kursi kosong, maka pihak sekolah akan membuka pendaftaran untuk memperebutkan kursi tsb. Anak kita harus bersaing dengan dengan anak2 yang sebenarnya sudah punya tempat di sekolah lain dan sudah belajar materi yang akan di test kan, dan anak pindahan dari LN sama sekali belum belajar materi tersebut karena perbedaan sistem. Contoh di India penjurusan mulai 11th grade, sedang disini sudah dimulai dari 10th grade, jd tertinggal 2 smester. Jadi TIDAK ADA prioritas dan kemudahan bagi anak2 pindahan dari LN, khususnya untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Mungkin kalau tetap ingin masuk sekolah negeri harus cari ke daerah2 yg memberikan kemudahan bagi anak2 pindahan dari LN.

    BalasHapus
  7. Salam,
    Buat mba Bella dan mas Bayu, semua anak2 pindahan dari LN harus mengikuti test masuk, mungkin lebih baik pindah di kelas 11 daripada 10, chance nya lebih baik. Kalau di sma yg dituju ada kursi kosong, maka pihak sekolah akan membuka pendaftaran untuk memperebutkan kursi tsb. Anak kita harus bersaing dengan dengan anak2 yang sebenarnya sudah punya tempat di sekolah lain dan sudah belajar materi yang akan di test kan, dan anak pindahan dari LN sama sekali belum belajar materi tersebut karena perbedaan sistem. Contoh di India penjurusan mulai 11th grade, sedang disini sudah dimulai dari 10th grade, jd tertinggal 2 smester. Jadi TIDAK ADA prioritas dan kemudahan bagi anak2 pindahan dari LN, khususnya untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Mungkin kalau tetap ingin masuk sekolah negeri harus cari ke daerah2 yg memberikan kemudahan bagi anak2 pindahan dari LN.
    Salam

    BalasHapus
  8. Sayangnya ga sedikit dari orang tua siswa pindahan luar negeri yang mau tidak mau terpaksa bin ga punya pilihan harus mau menerima "BANTUAN" yang ditawarkan oleh oknum yg tidak bertanggung jawab untuk sekali lagi "menawarkan bantuan agr anak bisa diterima di sekolah tujuan" dengan cara instant tapi dengan biaya yg tidak murah....

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum, Saya juga ingin minta masukanya terkait masalah anak km nanti. Karena disini anak km disekolah lokal istilahnya masih duduk di kelas 8. Dan jika sekolah jarak jauhnya(SIN) itu dikelas 11.rencana akan kembali ke Indonesia Akhir agustus 2017.Mengingat ada beberapa mata pelajaran yang tidak di dapatnya Saya sedikit cemas<<dan juga terkait keterangan Pindahnya nnt mengunakan surat ket dari sekolah lokal atau sekolah jarak jauhnya yang ada.Terima Kasi Wassalamualayikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perasaan cemas orang tua terhadap anak pasti selalu ada... apalagi terkait pendidikan yang berbeda selama sekolah diluar negeri dan sekolah di indonesia. Saya saat menyekolahkan kembali anak di kelas 9 di indonesia ada kekhawatiran kalo anak saya ga bisa ikutin pelajaran. terutama untuk bidang pelajaran bahasa indonesia dsb

      tapi seiring berjalannya waktu, alhamdulillah anak bisa melewatinya. apalagi saat mendaftarkan di pesantren, saya minta tolong di bimbing anak agar bisa mengerti pelajaran indonesia dikarenakan sejak SD tidak mendapatkan pelajaran bahasa indonesia yang baik dan benar

      Hapus
  10. Assalammualaikum wr wb..
    Pak...Saya baru tahu ini prosedurnya, sebelumnya anak teman saya lancar lancar aja dapat ikut ujian UN untuk SMA. Anak teman Saya persis seperti anak Saya sekarang. Namun Saya sekarang ada masalah. anak Saya masuk ke sekolah kerajaan Malaysia waktu itu mulai kls 2 smp. setelah 2 tahun sekolah . tentu masuk sma nya kelas 1 SMA di indonesia. awal nya lancar hingga anak saya masuk 10 besar dan skrng sudah kls 3. Namun saat ini masalah nya mau ujian tak bisa karena ijzah SMP tak ada. padahal ada surat keterangnan dari KBRI. Gimana solusinya Pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini artinya anaknya ga bisa ikut ujian karena tidak memiliki "bentuk fisik ijazah SMP seperti yang di indonesia" atau "tidak memiliki report card untuk level 9"?

      Saya rasa kalo sudah memiliki report card level 9 dan sudah di verifikasi oleh atase pendidikan di kedubes apalagi kalo sudah di register di websitenya KEMENDIKBUD. itu artinya dokumen yang ada saat ini walau tidak berbentuk fisik seperti ijazah SMP, sudah berkekuatan hukum dan fungsinya sama seperti ijazah SMP.

      mungkin ini ketidak tahuan oknum sekolah. sebaiknya konsultasi ke atase kedutaan yg mengeluarkan surat keterangan anak selama sekolah di luar negeri. semoga dilancarkan segalanya

      Hapus
  11. Terima kasih. Informasinya sangat membantu sy. Sy akan mengurus kepindahan ponakan dr Dubai ke Jakarta.

    BalasHapus
  12. Datang saja ke kementrian pendidikan yg di jl. Sudirman. Semua staffnya kerjanya bagus dan memberikan kemudahan 👍👍. Ada bagian penyetaraan ijazah, jadi kita akan mendapatkan certifikat yg kekuatannya sama dgn ijazah. Jd pas datang dr LN langsng aja datangin kementrian pendidikan dan kebuadayaan, tolong semua ijazah ataw rapot dari sekolah sebelumnya sudah disimpan di flash disc ya. Jangan lupa daftar secara onln dulu. Kalau diminta ubah mereka memperbolehkan kita memakai computer disana. Betul2 sangat membantu. Two tumbs up.

    BalasHapus
  13. Seorang calon siswa lulus dari sekolah setingkat SMP di Malaysia kewarganegaraannya Malaysia tetapi ibunya warga negara Indonesia akan mendaftar sebagai siswa baru kls X di SMA Indonesia bagaimana prosedurnya dan kelengkapan dokumen apa saja yang diperlukan.Tolong informasinya

    BalasHapus
  14. Mohon info, kalo 2 anak saat ini kelas 4 SD di Malaysia dan ingin pindah ke Indonesia. Apakah 2 kewarganegaraan si anak tidak masalah?

    BalasHapus
  15. Mohon bantuan, untuk pengurusan NIS(no. Induk siswa) harus di jakarta meskipun mau pindah ke jawa timur? Saya mau pindahkan anak kelas 2SD, dan 2 SMP dari malaysia. Terima kasih

    BalasHapus
  16. Jawaban saya hampir sama dengan jawaban Tanti Aiyubkhan

    Datang saja ke kementrian pendidikan yg di jl. Sudirman

    BalasHapus
  17. Perkenalkan saya Winarno yang saat ini membawa anak untuk studi di Taiwan. Mohon info saat ini 2 anak saya SD kelas 2 dan SD kelas 5 di Taiwan, apakah kemungkinan ada masalah jika nanti setelah balik ke Indonesia akan menyetarakan Ijazah atau kelas (yang masih SD), sementara di Taiwan tidak ada tidak ada Kedubes Indonesia, hanya Perwakilan Dagang dan Ekonomi Indonesia. Terima kasih.

    BalasHapus
  18. Untuk info coba telpon saja ke kemdiknas Jakarta akan dijelaskan. Sayapun tengah proses pindah sekolah anak. Kalau menurut kedutaan pindah sekolah hanya perlu bawa surat keterangan dr KBRI ke sekolah saja, tidak perlu ke jakarta, nanti sekolah yg akan urus NIS. Kalau menurut diknas itu tidak bisa Hrs ikut prosedur yg betul yaitu lewat kemdiknas Jakarta.
    kemdikbud.go.id 021-5725612.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini