Senin, 19 Juni 2017

Yuk ngintip suasana Ramadhan di kota Jubail

Ramadhan memang bulan yang sangat dinanti-nanti bagi seluruh umat Muslim di berbagai belahan dunia. Di bulan ini, pintu ampunan terbuka lebar, barokah bertebaran, semua Muslim berlomba-lomba untuk berbagi kebaikan. Nuansa Ramadhan di negara mayoritas muslim terbesar seperti di Indonesia, ga perlu ditanya semaraknya. Mulai dari ngabuburit, ngebangunin sahur pake kentongan sampe dan segala bentuk kegiatan unik di bulan penuh berkah. Ramadhan tidak hanya terkait dengan ibadah, tetapi juga budaya yang telah ada secara turun temurun.


Kalo nuansa Ramadhan di luar negara kita gimana ya? Sama kayak di Indonesia gak? Pasti banyak pertanyaan yang muncul di benak kita semua...Kondisinya tentu pasti berbeda, terutama di negara yang memang umat Islam minoritas, tidak seperti di Indonesia. Umat Islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan penuh berkah ini tentu harus beradaptasi dengan lingkungan dan berbagai budaya di setiap negara. Mau tau serunya Ramadhan di berbagai negara di dunia? Tapi kali ini saya hanya mau ngajak blogger tuk ngintip nuansa ramadhan di kota jubail wilayah timur di wilayah kerajaan saudi arabia. Yuk intip dulu nuansanya lewat tulisan berikut, siapa tau nanti kamu bisa merasakan langsung Ramadhan di negara ini.


Berpuasa di negeri yang mayoritas wilayahnya adalah gurun pasir dan memiliki waktu berpuasa yang lumayan panjang (15.5 jam) dan harus menahan lapar dan haus dibawah terik matahari yang sengatannya kadang mencapai 50 derajat celcius bahkan kadang diberi bonus ruthoba (humidity yang tinggi dan bikin kolor basah oleh keringet walau hanya tempo 5 menit.) jadi jangan pernah ngebayangin kalo harus ngabuburit sambil jalan santai kalo udah nemuin phenomena yang seperti ini dan belum lagi kalo dah datang badai pasir. Di jamin pada mikir dua kali kalo mau keluar tuk sekedar jalan-jalan santai mencari jajanan.


Pasti pada mikir....ah ga seru puasa di jubail. ga ada ngabuburit, ga ada bukber dan ga ada kegiatan untuk ngisi bulan ramadhan kayak di indonesia.. Kalo ente mikir kayak begitu mungkin saya bisa bilang kalo ga semuanya bener karena ada beberapa kegiatan yang unik yang biasa dilakukan di jubail saat Ramadhan tiba, diantaranya:


  • Tenda Ramdhan: kalo yang satu ini adalah acara tahunan kota jubail yang dilakukan oleh Jubail Dakwah Center untuk mengkordinir masyarakat yang ingin bersedekah dibulan ramadhan dengan cara mendirikan tenda ramadhan di salah satu sudut kota dan menyiapkan menu berbuka puasa untuk para warga yang ingin berbuka puasa di tenda. Dan kegiatan ini bukan semata mata untuk kaum muslimin saja tapi siapa saja boleh datang dan berbagi kebahagiaan di dalamnya. Dan Komunitas masyarakat indonesia di jubail juga berpartisipasi dengan berbuka puasa bersama dengan menu buka puasa seadanya sambil mendengarkan tauziah singkat menjelang saat adzan maghrib berkumandang.

Siap-siap menuju tenda Ramadhan (foto courtesy: Boedy)

Menunggu waktu berbuka puasa

Komunitas indonesia jubail

Bersama rekan dari warga china di jubail

Keceriaan Ramadhan
  • Di Jubail ketika mendekati waktu maghrib (ngabuburit time) suasana jalan agak senggang dan baru menjadi sangat ramai setelah usai sholat tarawih. Artinya kehidupan mulai terlihat dari jam 10 malam sanpai dengan jam 2 dini hari. (kalo di indonesia Jam 5 sore rame tumpah ruah ngabuburit dan setelah jam 9 malem menjadi sunyi senyap). Jadi disini ga perlu khawatir untuk sahur atau berbelanja karena selesai ibadah sholat isya kita masih bisa beraktivitas seperti biasa. Bahkan Restoran indonesia RINDU ALAM JUBAIL ikutan buka hingga saat sahur tiba. Dan suasana sahur bareng terasa di tiap sudut kota jubail
Mas Ecko Cess dan rekan sedang santap di Rindu Alam Jubail

Sahur bareng bersama team Toyota indonesia Jubail

Udah dulu yaa Sob...ntar disambung lagi. Adzan Ashar dah berkumandang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda di sini